Senin, 05 Agustus 2013

Terbang Bersama Hewan Peliharaan


Anda mempunyai hewan peliharaan kesayangan? Terkadang Anda mungkin merasa tak tega jika harus menitipkan hewan peliharaan Anda di petshop sementara Anda traveling dalam waktu lama. Tentu Anda ingin membawa hewan peliharaan bersama Anda. Ada beberapa cara dan prosedur yang harus Anda ketahui saat akan membawa hewan peliharaan terbang dengan pesawat. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Terbang bersama hewan peliharaan

Anda bisa membawa hewan peliharaan Anda terbang dengan pesawat bersama Anda. Sebelum terbang, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, seperti:

Cari tahu tentang maskapai apa saja yang memungkinkan Anda membawa hewan peliharaan Anda, pelajari juga syarat dan ketentuannya karena tiap-tiap maskapai mungkin mempunyai kebijakan yang berbeda serta biayanya.

Lengkapi surat-surat yang dibutuhkan seperti surat keterangan dari dokter hewan yang menyatakan hewan peliharaan Anda sehat, jika perlu lakukan beberapa vaksinasi sebelum berangkat, surat ijin pengangkutan hewan dari Departemen Pertanian setempat serta surat pembebasan tanggung jawab pada saat penerimaan di bandara.

Siapkan kandang yang nyaman untuk hewan peliharaan Anda. Siapkan juga makanan, minuman, mainan dan peralatan yang sekiranya dibutuhkan untuk membuat hewan peliharaan Anda tetap aman dan nyaman di perjalanan.

Setelah itu Anda bisa memilih akan menggunakan cargo atau bagasi untuk cara pengangkutan di pesawat. Jika hewan peliharaan Anda berukuran kecil, Anda bisa memilih bagasi namun jika hewan peliharaan Anda berukuran besar sebaiknya menggunakan cargo saja. Cargo antara hewan dan barang akan dipisah. Jika Anda berencana menggunakan cargo sebaiknya Anda berangkat sekitar delapan jam sebelum jadwal keberangkatan.

Menggunakan jasa pengiriman hewan peliharaan

Saat ini sudah banyak perusahaan cargo yang menyediakan pengiriman hewan peliharaan. Anda akan lebih dimudahkan karena Anda tidak perlu mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan seperti karantina dan administrasi karena perusahaan cargo akan mengurusnya untuk Anda. Jasa pengiriman ini juga dengan senang hati akan menjemput dan mengantar hewan peliharaan Anda di mana pun Anda berada. Ada beberapa standar dan ketentuan yang diterapkan sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan hewan peliharaan Anda.

Sumber : utiket.com