Saturday, September 28, 2013

Festival Kesenian Bali



Festival Kesenian Bali (Bali Arts Festival) atau dikenal juga dengan nama Pesta Kesenian Bali merupakan salah satu festival budaya yang terkenal di Indonesia. Festival ini merupakan acara tahunan dan biasanya diselenggarakan setiap bulan Juni selama satu bulan penuh dengan tema yang selalu berbeda. Selain bertujuan untuk mempromosikan dan melestarikan pariwisata serta budaya yang ada di Bali, festival ini juga merupakan wadah bagi para seniman untuk mengekspresikan segala bentuk kreativitas dan karya cipta seni mereka. Karya seni yang ditampilkan pun tentunya adalah yang berkualitas dan terbaik.

Awalnya, Festival Kesenian Bali atau Pesta Kesenian Bali ini diprakarsai oleh Almarhum Prof.Dr.Ida Bagus Mantra pada tahun 1979, dimana pada saat itu beliau menjabat sebagai Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali. Pesta Kesenian Bali yang pertama diselenggarakan selama dua bulan yakni berlangsung pada tanggal 20 Juni 1979 hingga 23 Agustus 1979. Saat ini dasar penyelenggaraan festival ini adalah Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 07 Tahun 1986. Selama sejarah perjalanannya, festival ini umumnya selalu dibuka oleh pejabat tinggi negara.

Dalam festival ini persembahan karya seni yang ditampilkan tersebut mengandung makna pembebasan yang ikhlas dimana dalam ajaran agama Hindu disebut dengan Yadnya. Maka tak heran bila setiap seniman yang ikut berpartisipasi dalam festival ini akan selalu mempersembahkan karya seni terbaiknya. Banyak acara yang terangkum dalam festival ini, diantaranya adalah pameran, kegiatan budaya, kontes dan beberapa kegiatan terkait lainnya. Suasana meriah nan megah festival ini selalu mampu menarik wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri. Bagi para wisatawan selain dapat mencicipi beberapa makanan khas Bali yang disediakan di beberapa counter di festival, juga dapat belajar banyak hal tentang budaya lokal dan pedesaan di Indonesia. Beberapa tarian klasik dari Bali juga dapat Anda saksikan di festival ini. Festival ini merupakan salah satu festival berwarna yang patut Anda saksiksan.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment