Senin, 21 Oktober 2013

Tips Saat Kehabisan Uang Ketika Traveling



Mungkin salah satu dari Anda pernah mengalaminya, kehabisan uang saat traveling. Apalagi bagi para traveler yang sering backpakeran, biasanya uang dan dananya memang terbatas. Traveling memang membutuhkan biaya namun tenang saja jika uang Anda habis di jalan, Anda masih bisa kok menikmati perjalanan Anda. Tidak perlu panik, banyak hal yang bisa dilakukan saat Anda kehabisan uang di perjalanan:

Pinjam ke orang terdekat

Ini cara yang banyak dilakukan dan cenderung efektif. Anda bisa menghubungi teman terdekat Anda atau keluarga. Ceritakan tentang keadaan Anda yang kehabisan uang di perjalanan. Jangan malu untuk meminta pertolongan ataupun meminjam uang. Uang itu bisa dikirim ke Anda via transfer. Jelaskan pada mereka posisi Anda saat itu. Terakhir jangan lupa ucapkan terimakasih.

Mengamen

Jika Anda traveling beramai-ramai bersama kawan dan kehabisan uang di jalan, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mendapatkan uang dengan cara mengamen. Anda bisa mengamen secara beramai-ramai dengan memanfaatkan barang-barang yang ada sebagai alat musiknya. Pinggir jalan dan tempat makan merupakan tempat yang cocok sebagai tempat mengamen Anda. Jika mengamen di tempat makan, jangan lupa meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik tempat makannya ya.

Kerja paruh waktu

Kerja paruh waktu atau part-time di rumah makan atau kafe juga bisa Anda lakukan ketika kehabisan uang saat traveling. Anda bisa bercerita yang sebenarnya kepada pemilik rumah makan jika anda sedang kehabisan uang. Tidak perlu menggunakan kontrak kerja, Anda cukup menyepakati upah untuk kerja yang harus Anda lakukan.

Jual barang

Jika cara-cara di atas tidak berhasil sementara keadaan Anda semakin terdesak, Anda bisa mendapatkan uang dengan menjual beberapa barang yang Anda miliki seperti jam tangan, ponsel atau benda lain yang bisa Anda jual. Anda bisa menjual kepada orang-orang yang Anda temui di jalan atau kepada pedagang-pedagang. Ingat, jangan mematok harga terlalu tinggi saat menjual namun jangan juga terlalu murah paling tidak setengah dari harga aslinya.

Cari tiket murah untuk pulang

Untuk perjalanan kembali, Anda harus sedikit mengabaikan kenyamanan Anda dalam perjalanan.  Pilihlah transportasi yang paling hemat dengan tiket paling murah untuk perjalan pulang. Anda bisa mencari tiket promo secara online atau bertanya kepada petugas setempat.

Sumber : utiket.com