Kamis, 28 November 2013

Masalah Bagi Traveler Dan Cara Mengatasinya


Menggunakan alat transportasi baik umum maupun pribadi untuk traveling terkadang memang menimbulkan beberapa sakit perjalanan yang khas seperti mabuk, jetlag ataupun pusing. Meskipun terlihat sepele namun hal itu cukup mengganggu perjalanan Anda. Berikut adalah beberapa sakit yang sering dialami saat Anda traveling dan cara mengatasinya agar tidak semakin parah:

Mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain kondisi badan yang kuarang fit, perut kosong, dan tidak terbiasa berada di kendaraan dalam waktu yang lama. Gejala mabuk perjalanan yaitu perasaan mual yang disertai muntah serta kepala terasa pusing. Cara menanggulanginya yaitu dengan mengkonsumsi jahe. Jahe merupakan salah satu makanan yang ampuh untuk melawan mabuk kendaraan. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk permen ataupun minuman yang rasanya juga jauh lebih enak.

Gangguan pencernaan

Terkadang saat kita traveling tanpa sadar kita sudah terlalu banyak mengkonsumsi makanan. Makanan lokal yang terkadang asing di perut kita bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.  Gangguan pencernaan bisa berupa diare, mual, perut kembung atau sakit perut.  Untuk mengatasi gangguan pencernaan ini saat perut sudah terasa tidak enak segera konsumsi kunyit, kentang, nanas dan ikan. Seperti yang telah kita ketahui kunyit ternyata mempunyai kemampuan ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, sementara itu nanas memiliki kandungan enzim yang bernama bromelain yang bisa membantu menghancurkan makanan yang ada di dalam perut.

Jet lag

Menggunakan pesawat terbang dengan jarak jauh dan membutuhkan waktu yang lama terkadang membuat tubuh kita kehilangan sistem keseimbangan. Hal tersebut biasanya sering kita kenal dengan sebutan jetlag. Jet lag sendiri bisa menimbulkan beberapa efek antara lain susah tidur, badan kurang fit dan pusing. Untuk menghidari jet lag Anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, seperti telur ataupun daging.

Lelah

Seharian di perjalanan terkadang membuat badan terasa sangat lelah. Tidur merupakan obat yang paling mujarab saat Anda kelelahan. Namun seringkali justru karena terlalu kelelahan Anda bahkan sulit memejamkan mata. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memilih makanan pedas yang banyak mengandung cabe, buah-buahan dan sayuran untuk memulihkan dan menyegarkan tenaga Anda.

Rasa was-was

Kecemasan di perjalanan memang hal yang wajar, seperti kecemasan menaiki pesawat, takut akan kecelakaan yang mungkin terjadi terkadang dialami oleh beberapa traveler. Jangan mengkonsumsi obat penenang dalam situasi seperti ini, namun makanlah makanan sehat dan perbanyaklah minum air putih. Sementara sayuran yang bisa menenangkan yaitu batang seledri. Jika perlu konsumsi batang seledri beberapa jam sebelum perjalanan.

Sumber : utiket.com