Selasa, 12 November 2013

Sekilas Tentang Tari Sajojo, Papua


Tari Sajojo merupakan tarian khas yang berasal dari Papua, pulau terluas yang terletak di paling timur wilayah Indonesia.  Tarian ini merupakan sejenis tarian pergaulan rakyat atau dapat juga bermakna sebagai tarian selamat datang untuk menyambut tamu. Tarian ini cukup unik karena mengutamakan gerakan tangan serta kaki dan dapat dibawakan oleh beberapa puluh orang sekaligus. Setiap penari dapat meloncat, bergerak ke depan, ke belakang, ke kiri maupun ke kanan dengan ritme dan ketegasan gerak yang tentunya setiap penari mengupayakan kesamaan gerak dengan penari lainnya.

Tari Sajojo dapat dilakukan oleh siapa saja, baik tua, muda, pria maupun perempuan secara beramai-ramai. Meski begitu, tidak ada penari utama dalam tarian ini. Keserasian gerak dengan ritme yang dinamis pada penari secara keseluruhan yang membuat istimewa tarian ini. Tarian ini membuat para penarinya merasa menjadi bagian dari kelompok sehingga setiap penari akan selalu menjaga gerakannya agar tetap menyatu dalam gerakan yang sama.

Awalnya tarian ini mulai dikenal pada tahun 1990an di kalangan para militer yang bertugas di Timor Timur, Maluku dan Irian. Tarian ini biasanya dimulai dari kaki kiri dengan iringan musik berirama khas, menghentak dan bernuansa gembira. Adapun lirik lagu dalam tarian ini mengisahkan tentang seorang gadis nan cantik yang diidolakan oleh para pemuda di kampungnya. Tarian ini menjadi semakin terkenal hingga ada kelompok masyarakat yang menyelenggarakan lomba untuk tarian ini. Bahkan saat ini Tari Sajojo telah dimodifikasi menjadi senam tanpa meninggalkan unsur-unsur aslinya.

Sumber : utiket.com