Senin, 11 November 2013

Taman Nasional Bali Barat, Indonesia



Tentang Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) berada di ujung barat Bali, dekat ke pulau Jawa, dengan luas area sekitar 19,003 hektar dengan sekitar 3200 hektar mencakup area perairan, pesisir dan terumbu karang. Tidak seperti kebanyakan dari Taman Nasional lainnya di Indonesia, karena kurangnya curah hujan di daerah ini maka tidak banyak tumbuhan tropis namun di sini di dominasi dengan tumbuhan pesisir. Terdapat curah hujan yang cukup di bagian selatan hutan sehingga banyak di tumbuhi dengan tumbuhan tropis dan bakau. Terdapat beberapa karang di dalam laut yang luas tanahnya di tandai dengan sisa letusan dari empat gunung berapi yang terdapat di pulau ini, seperti Gunung Pleistosen dan Gunung Patas dengan ketinggian 1.412.

Terdapat sekitar 200 spesies tanaman, 300 jenis burung dan jenis-jenis satwa liar lainnya, termasuk beberapa spesies kera (monyet daun dan monyet hitam), rusa, babi, iguana dan beberapa jenis ular berada di Taman Nasional Bali Barat.

Kamu bisa mendapatkan panduan dan izin di kantor pusat dari Taman Nasional yang berada di Cekik tepat di pintu masuk. Jika kamu ingin mendaki di taman, diwajibkan menggunakan panduan yang bersertifikat dan untuk itu kamu harus membayar mahal. Dengan tarif sekitar Rp.400.000 untuk seorang pemandu per harinya tergantung dengan jumlah kelompok dan luas pendakian.

Ada yang mengatur jalur pendakian di Taman dan kamu akan dapat melihat satwa liar serta menikmati alam dengan berjalan kaki. Di sini kamu akan mendapatkan ketenangan karena di Taman ini hanya terdapat suara gemeresik pohon dan suara burung.

Akses ke Taman Nasional Bali Barat

Untuk melakukan pendakian yang terbaik adalah tiba di pagi hari atau hari sebelumnya. Pintu masuk Taman Nasional Bali Barat dekat dengan pelabuhan Gilimanuk. Semua bis dan bemo menuju Gilimanuk dapat menurunkan kamu di pintu masuk taman.

Sumber : utiket.com