Sabtu, 28 Desember 2013

Bandara Tercantik di dunia Koh Samui


Siapa yang menyangka di Negara Thailand terdapat salah satu Bandara Tercantik di dunia. Bandara yang diberi nama Koh Samui atau Samui International Airport (IATA:USM, ICAO:VTSM) ini memang terkenal karena kecantikannya. Hal ini dikarenakan bandara ini menggunakan desain tradisional dan dikelilingi pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu bandara ini juga berdekatan dengan Pantai Bo Phut, sehingga semakin menambah kecantikan bandara Koh Samui.

Bukan hanya desainnya yang tradisional dan dikelilingi pemandangan alam yang sangat indah, akan tetapi bandara ini juga memiliki keistimewaan di bidang tata letak ruangan nya. Dimana bandara Koh Samui ini tidak memiliki ruangan sama sekali di area bandara, kecuali ruangan toko souvenir. Sehingga untuk area penumpang ditempatkan di area terbuka, dan bahkan saat penumpang berada di antara gate dan landasan pacu tidak ada pembatasnya sehingga penumpang yang masih berada di gate bisa dengan leluasa melihat aktifitas pesawat mendarat dan terbang.


Bandara yang sangat nyaman ini terletak di sekitar 2 km utara dari desa utama Chaweng, terletak di dekat Big Pier Buddha. Dimana Big Pier Budha merupakan tempat dimana kapal feri berangkat ke Kophangan, Koh Tao dan Chumphon yang berangkat dari Maenam Beach Pier, yang terletak 6 km barat laut dari bandara. Bandara dengan 2 terminal (domestic dan Internasional) ini di bangun diatas lahan seluas 800.000 m? dengan landasan pacu 1.800 m oleh Bangkok Airways pada tahun 1982 dan secara resmi dibuka pada 25 April 1989. Sesaat setelah dibuka, bandara ini langsung mendapatkan penghargaan Environment Impact Assessment Award. Penghargaan ini diberikan karena penggunaan daun palm yang diproduksi secara local dan alami serta system pendingin udara yang tidak lazim digunakan yakni penggunaan system pendingin udara terbuka.

Selain penghargaan itu, bandara Koh Samui juga memenangkan penghargaan kompetisi Outstanding Architecture yang diadakan oleh Siam Architects dibawah pengawasan Raja Thailand pada Tahun 1998. Beberapa tahun setelah diresmikan, bandara Koh Samui mengalami perombakan tepatnya pada tanggal 25 september 1997. Perenovasian ini berupa perubahan bandara menjadi bandara pabean dengan menambahkan beberapa fasilitas diantaranya, fasilitas imigrasi, pelayanan pajak, terminal baru dan penambahan rute penerbangan langsung menuju Samui.

Pada bulan Januari 2004, melakukan renovasi kembali. Yakni melakukan pelebaran bandara dan pembangunan 6 terminal baru yang terdiri dari 4 terminal domestik yang mulai difungsikan pada bulan Mei 2007 dan 2 terminal Internasional dengan luas seluruh area penumpang 73.000 m2 yang mulai difungsikan pada bulan September 2007. Sedangkan untuk landasan pacunya diperluas menjadi 2.100 m2, yang tentunya akan semakin menambah jumlah penumpang, yang diperkirakan akan mencapai 16.000 penumpang setiap hari nya dan akan mengalami peningkatan 6 juta penumpang per tahun nya.

Meskipun telah digunakan, namun grand opening baru dilakukan beberapa bulan berikutnya, tepatnya pada bulan Juli 2008. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan supaya bertepatan dengan dibukanya Samui Park Avenue yang dibangun di tengah-tengah terminal keberangkatan dan kedatangan di atas lahan seluas 6.400 m2. Inilah sedikit informasi mengenai salah satu bandara tercantik di dunia. Semoga dapat bermanfaat. Selamat jalan-jalan... semoga sampai tujuan dengan selamat.

Sumber : utiket.com