Minggu, 01 Desember 2013

Penting Saat Berkendaraan


Berwisata memang seru apalagi jika berwisata bersama keluarga. Jika berencana berwisata dalam radius yang masih bisa dijangkau menggunakan kendaraan, tidak ada salahnya berwisata dengan berkendaraan bersama keluarga. Namun sebelum berkendaraan untuk berwisata, ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan, seperti :

Rencanakan dan pilih rute

Rencanakan agenda berwisata anda sebaik mungkin dan pilihlah rute perjalanan yang terbaik agar tidak boros bahan bakar serta mempersingkat waktu tempuh. Anda dapat memanfaatkan GPS yang bisa dipasang di kendaraan untuk memudahkan anda mengetahui rute mana yang terbaik untuk menuju lokasi wisata yang anda tuju.

Cek kondisi ban kendaraan

Pastikan ban kendaraan anda memiliki tekanan angin yang cukup. Hal tersebut untuk mengurangi gaya gesek pada ban dan membantu memperirit konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Sebaiknya anda mengemudi dengan tekanan angin pada ban sebesar 0,5kg/cm atau 50 kPA.

Siapkan tempat sampah dan bawa botol isi ulang


Jangan buang sampah sembarangan dimanapun anda berada. Jadi bawalah kantong plastik atau apa saja yang bisa menjadi tempat sampah selama anda berkendara menuju lokasi wisata. Selain itu, bawa juga minuman dalam wadah botol yang bisa diisi ulang. Hal tersebut untuk meminimalisir anda membeli air minum dalam kemasan yang biasanya terbuat dari plastik. Dengan begitu anda ikut membantu mengurangi produksi sampah plastik.

Berkendaralah dengan lembut

Paculah kendaraan anda dengan lembut dan kecepatan konstan. Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi hanya karena ingin buru-buru sampai ke lokasi wisata. Hal tersebut justru akan membahayakan diri anda sendiri dan orang lain. Selain itu, memacu kendaraan dengan kecepatan konstan dan lembut juga akan menghemat pemakaian bahan bakar dan mengurangi pengeluaran emisi gas buang. Hindari menjalankan kendaraan dengan akselerasi yang berat dan kasar karena hanya akan membuat boros bahan bakar.

Sumber : utiket.com