Selasa, 31 Desember 2013

Sejarah Pesawat Terbang


Dari jaman dahulu, manusia selalu memikirkan bagaimana caranya untuk terbang. Banyak hal yang telah dilakukan untuk mewujudkan mimpi terbang itu. Salah satu cara yang dilakukan manusia untuk bisa terbang yaitu dengan meniru cara burung yang mengepak-ngepakkan sayapnya. Namun manusia bukanlah burung. Walaupun mencoba mengepakkan tangan tentu saja cara seperti ini tidak berhasil membuat manusia bisa terbang. Namun manusia terus berpikir dan berkreasi hingga pada tahun 1890 si kembar Orville dan Wilbur Wright mendapat ide membuat pesawat terbang yang diadaptasi oleh konsep sepeda.

Pada tahun 1899 barulah mereka berhasil merangkai layang-layang dengan dua sayap besar. Mereka menggunakan ekor dan sayap untuk mengontrol arah dan ketinggian pesawat. Namun Wright bersaudara baru berhasil menerbangkan pesawat dengan Orville Wright sebagai pengemudi pada tahun 1903 yang mengudara setinggi 36 meter selama duabelas detik. Pesawat ini dinamakan Wright Flyer. Selanjutnya pada tahun 1908 Wright bersaudara mengembangkan temuan mereka dengan menciptakan pesawat dengan duabelas mesin tenaga kuda, lebar sayap duabelas meter yang terbuat dari kayu berlapis kain katun. Pesawat ini juga dilengkapi dengan tempat pilot di bawah sayap dimana pilot harus mengemudikan dengan posisi berbaring. Pesawat tersebut berhasil terbang selama satu setengah jam.

Pesawat temuan si kembar Wright bersaudara tersebut merupakan awal mula dari perkembangan pesawat-pesawat yang hingga saat ini telah semakin canggih. Proses perkembangan pesawat pun tidak lepas dari sejarah-sejarah kecelakan-kecelakaan pesawat yang banyak terjadi di masa lalu seperti kecelakaan pesawat terbang yang pertama kali terjadi pada tanggal 17 September 1908 dimana pesawat buatan Wright bersaudara mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut menewaskan Letnan Militer Amerika, Thomas E. Sedangkan Orville Wright yang ikut bersamanya mengalami luka-luka.

Ada lagi cerita sejarah kecelakaan pesawat yang cukup terkenal dengan korban pilot Amelia Earhart yang bermimpi berkeliling dunia. Tahun 1937 dalam perjalananya mewujudkan mimpinya tersebut, Amelia Earhart dan rekannya Putnam mengalami kecelakaan karena hilangnya sinyal radio dan pesawat mereka kehilangan arah. Kecelakaan tersebut tetap menjadi misteri hingga sekarang karena puing-puing pesawat dan kedua awaknya belum berhasil ditemukan hingga sekarang.

Kecelakaan pesawat yang terjadi membuat para penemu mengembangkan pesawat agar semakin aman dan canggih hingga saat ini. Banyak proses yang telah dilalui dan sulitnya proses tidak membuat mereka menyerah. Saat ini perusahaan-perusahaan peberbangan terus tumbuh dan berkembang. Pesawat masa kini mampu membawa lebih dari 300 penumpang dengan kenyamanan yang semakin diperhatikan. 

Sumber : utiket.com