Rabu, 04 Desember 2013

Tips menggunakan Low Coast Carrier Maskapai


Jika Anda sedang menyiapkan rencana liburan akhir tahun nanti dan ingin sedikit berhemat layanan LCC bisa menjadi pilihan Anda. Apa sih LCC itu? LCC merupakan kepanjangan dari Low Coast Carrier atau sering di sebut maskapai biaya rendah, awal kemunculnya di tahun 90-an dan menjadi sangat populer hingga sekarang. Di Indonesia sendiri cukup banyak maskapai yang menyediakan layanan ini seperti AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink Airlines, dan lain-lain. Bagi Anda yang sudah sering menggunakan maskapai tersebut, pasti sudah hapal ya apa saja kekurangan dan kelebihannya. Tapi, untuk Anda yang masih ragu, ada beberapa trik nih untuk menggunakan maskapai ini:

Sebelum Anda memesan tiket sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk mencari tiket promo dari maskapai. Tapi perlu di ingat ya, sebagian besar tiket promo dari LCC tidak bisa di refund, jika ada perubahan tanggal dan waktu Anda juga akan di kenakan biaya lagi yang jumlahnya cukup besar, untuk itu sebaiknya Anda benar-benar harus memastikan kapan Anda akan pergi.

Maskapai dengan layanan LCC biasanya tidak termasuk biaya makanan gratis, dengan kata lain Anda harus membeli makanan. Jika Anda hanya melakukan perjalanan jarak dekat, mungkin hal ini tidak menjadi masalah namun jika Anda melakukan penerbangan jauh dan berjam-jam sabaiknya Anda memesan secara online makanan Anda pada situs maskapai saat Anda melakukan pembookingan tiket. Hal ini di lakukan untuk memastikan agar Anda tidak kehabisan makanan, karena ada beberapa maskapai yang melarang Anda untuk memakan makanan yang Anda bawa.

Ada beberapa maskapai LCC yang menerapkan fasilitas pick a seat seperti AirAsia, itu artinya kita tidak bisa memilih tempat duduk sehingga kemungkinan jika kita pergi berdua atau rame-rame tempat duduk kita akan terpisah-pisah. Jika ingin memilih tempat duduk berdekatan tentu Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Memang sih tidak semua maskapai LCC menggunakan sistem tersebut. Namun, jika Anda ingin menggunakan maskapai dengan tipe itu sebaiknya gunakan fasilitas pick a seat pada saat pembookingan jika memang ingin duduk salaing berdekatan.


Kuota Bagasi pada maskapai LCC memang terbatas, biasanya hanya sekitar 15 kg-20 kg. Jika barang bawaan Anda melebihi kapasitas itu tentu Anda akan di kenakan biaya tambahan lagi. Sebaiknya pastikan benar-benar berapa berat barang bawaan Anda. Jika melebihi kapasitas yang di sediakan sebaiknya Anda melakukan pemesanan bagasi secara online karena harganya jauh lebih murah di banding Anda melakukan penambahan bagasi di tempat.

Untuk sistem check in, jika memang maskapai menyediakan sistem check in via website, sebaiknya Anda memilih itu. Karena selain lebih praktis web check ini juga cukup memangkas biaya di bandingkan Anda melakukan check in di counter.

Jika semua sudah Anda lakukan tentu yang harus Anda lakukan adalah melakukan pembayaran. Memang banyak cara pembayaran yang bisa Anda pilih seperti transfer maupun kartu kredit. Tapi perlu Anda ketahui, jika Anda memilih cara pembayaran menggunakan kartu kredit biasanya ada tambahan biaya.

Sebelum berangkat pastikan Anda tahu persis dimana terminal Bandara yang di gunakan, karena belum tentu maskapai tersebut menggunakan bandara utama yang ada di kota tersebut. Contohnya di Singapura maskapai AirAsia mempunyai bandara sendiri yaitu LCCT.

Sumber : utiket.com