Selasa, 21 Januari 2014

Festival Figura Manado


Kota Manado dengan semboyan “Torang Samua Basudara” memiliki festival tahunan bernama Festival Figura Manado. Festival ini diadakan pada setiap minggu terakhir pada bulan Januari setiap tahunnya. Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manado ini biasanya berlangsung di sepanjang Jalan Boulevard Manado.

Festival ini berupa kesenian yang menampilkan seni dalam tokoh yang mirip dengan pantomim. Para peserta festival ini akan disulap sesuai dengan tokoh yang dibawakannya, mulai dari busana, dandanan dan gerak tubuhnya. Biasanya tokoh yang diperankan dalam festival ini merupakan seorang tokoh yang dikenal dan mencerminkan aktifitas sosial kemasyarakatan. Kemudian para peserta tersebut akan berperan sebagai lakon dalam sajian pantomim yang mengangkat tema komedi maupun tragedi yang dilombakan.

Selain digelar di sepanjang Jalan Boulevard, penduduk di berbagai kampung di kota Manado pun ikut menggelar acara Festival Figura ini. Mereka akan memerankan tokoh pilihan mereka dan secara berkelompok akan mendatangi setiap rumah penduduk sambil bernyanyi. Pemilik rumah yang didatangi oleh mereka biasanya akan memberikan uang sebagai bentuk rasa terhibur oleh mereka.

Menurut sejarah, tradisi Figura ini dibawa oleh para pelaut asal Spanyol yakni Conquistadores yang pernah singgah dan bermukim di Teluk Manado. Sedangkan nama Figura merupakan sebuah kata dalam bahasa Latin yang berarti figur atau sosok. Nah, jika kamu berencana berkunjung ke kota Manado pada bulan Januari, jangan lupa untuk cek jadwal festival ini berlangsung ya. Pastinya seru untuk melihat secara langsung festival unik ini.

Maskapai terbang ke Manado
    Lion Lion
    Xpress Xpress
    Merpati Merpati
    Sriwijaya Sriwijaya
    Garuda Garuda
    Silkair Silkair
    AirAsia AirAsia


      Sumber : utiket.com