Sabtu, 25 Januari 2014

Panduan Wisata Alor Island Indonesia


Gambaran umum Alor Island

Alor Island terletak di Nusa Tenggara (West) di Indonesia, sekitar 1991 km dari Jakarta. Alor Island tidak dikunjungi oleh banyak wisatawan namun masih ada beberapa hal yang menarik untuk dilihat di sini. Belum ke Alor Island rasanya jika Anda tidak berkunjung ke Pulau Alor. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di sekitar Alor Island, seperti menyelam dan snorkeling di Pantai Pulau Kepa.

Bandara di Alor Island

Alor Island melalui jalan udara di layani oleh Bandara Alor Island. Bandar Udara Alor terletak di Jl. Soekarno-Hatta, Mali, Kabupaten Alor 85819 Kotak Pos 121, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bandara yang memiliki kode IATA (ARD) dan ICAO (WRKM) ini memiliki panjang Landasan: 900x23 m, dengan Arah/PCN: 03-31/5 FCZU. Bandara Mali ini tergolong dalam bandara kelas IV/A dengan kemampuan bisa mendaratkan jenis maskapai C-212. Selain itu bandara Mali ini juga memiliki terminal Domestik seluas 150 m.

Bandara yang dikelola oleh UPT Ditjen Hubud ini hanya beroperasi sekitar 7 Jam yakni antara pukul 07.00 hingga pukul 14.00 setiap harinya. Jarak bandara Mali ini dengan kota bisa dikatakan cukup lumayan jauh yakni sekitar 16 km. Adapun fasilitas dari bandara ini adalah Fasilitas Telekomunikasi, Navigasi dan Listrik dan untuk Fasilitas Penunjang Penerbangan Kabin, Walk Through, Tower Set, Hand Held Metal Detector.

Menuju pusat kota dari Bandara

Untuk perjalanan dari dan menuju bandara Mali yang berada di Kabupaten Alor ini bisa dikatakan agak susah namun tetap ada Transportasi yang bisa digunakan setelah kita tiba di bandara Mali. Transportasi umum dari bandara Mali ke Kota Kalabahi (Ibu kota Alor) tidaklah tersedia, sehingga para pengunjung harus mencarter travel atau menggunakan jasa ojek tidak resmi, itu pun tidak mudah ditemui.

Jika kita beruntung menemukan ojek, maka anda dapat bernegosiasi masalah harga dari bandara menuju Kalabahi atau ke salah satu penginapan di kota. Besarnya biaya yakni berkisar antara Rp 20.000,- hingga Rp 30.000,- per orangnya. Atau bisa juga menggunakan mobil travel dengan biaya berkisar Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,- per orangnya. Sesampainya di Kalabahi kita bisa menggunakan oto (truk yang diubah menjadi angkutan penumpang).

Biaya menggunakan Oto ini tergolong lumayan untuk sekali naik dari Kalabahi menuju Alor Timur, penumpang dikenai biaya Rp 30.000,-. Untuk angkutan di desa atau kota, penumpang bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp 10.000,- hingga Rp 30.000,- tergantung jarak yang ingin dituju. Sedangkan untuk perjalanan dari Kalabahi menuju ke Bandara bisa menggunakan jasa travel dengan harga Rp 25.000,- per orang. Hal ini merupakan tarif yang normal untuk perjalanan dari Kalabahi menuju Bandara menggunakan angkutan travel dari dan ke bandara.

Maskapai terbang ke Alor Island

Sumber : utiket.com