Senin, 10 Februari 2014

Candi Cangkuang Bandung Indonesia


Tentang Candi Cangkuang

Sesuai dengan namanya Candi Cangkuang ini terletak di desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Candi Cangkuang merupakan sebuah Candi Hindu, dan yang uniknya Candi Cangkuang berada ditengah-tengah danau. Candi ini merupakan candi pertama yang di temukan di Tatar Sunda dan merupakan candi satu-satunya candi hindu di Tatar Sunda.

Untuk menuju ke tempat objek wisata ini biasanya wisatawan menggunakan transportasi tradisional yaitu andong, di Candi Cangkuang terdapat danau kecil yang banyak di tumbuhi bunga teratai. Candi Cangkuang dibangun pada zaman kerajaan Sunda pertama yaitu Kerajaan Galuh. Meskipun dipastikan Candi Cangkuang adalah candi bagi umat Hindu namun di dekat Candi Cangkuang terdapat makam dari tentara kerajaan Mataram yang melawan penjajah pada abad ke 17 yaitu Arief Muhammad dan Beliau juga yang menyebarkan agama islam di wilayah tersebut.

Di kampong Pulo ini terdapat kampung adat dengan 6 rumah yang berjejer dan berhadap-hadapan, masing-masing 3 bangunan berada di sebelah kanan dan kiri serta satu buah bangunan Masjid. Untuk menyebrang ke Candi Cangkuang menggunakan angkutan tradisional yang terbuat dari bambu, disebut rakit dan kamu dapat menikmati keindahan bunga teratai.

Akses ke Candi Cangkuang


Untuk dapat menuju ke Candi Cakung dengan menggunakan bus dari Bandung ke Leles (sekitar dua jam). Turun di Leles Square dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek dengan tujuan ke danau (3km). Setelah itu di sini kamu dapat menggunakan rakit untuk sampai ke Candi.

Maskapai terbang ke Bandung