Wednesday, February 19, 2014

Pulau Merah Banyuwangi Indonesia


Tentang Pulau Merah

Pulau Merah merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur atau berjarak sekitar delapan puluh kilometer dari kota Banyuwangi. Obyek wisata ini sebenarnya berupa pantai dimana terdapat sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantainya. Pulau kecil ini memiliki tanah yang berwarna kemerahan sehingga oleh penduduk setempat menyebutnya dengan nama Pulau Merah atau Red Island.

Pantai di sekitar Pulau Merah merupakan kawasan perairan yang masih asri dan bersih. Dengan pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan terbentang garis pantai sepanjang sekitar tiga kilometer. Tempat ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada hari libur. Salah satu pemandangan spektakuler yang disuguhkan tempat ini adalah panorama sunset. Pada saat sunset akan terpancar semburat sinar jingga kemerahan dari balik Pulau Merah dan hal tersebut akan menjadi momen indah bagi siapa saja yang memandangnya. Bagi kamu penggemar fotografi, jangan lupa persiapkan kameramu untuk mengabadikan momen indah tersebut.

Bukan hanya itu saja, kawasan pantai di sekitar Pulau Merah merupakan tempat yang ideal untuk berselancar sama halnya seperti Pantai Plengkung (G-Land). Namun berbeda dengan Pantai Plengkung yang memiliki ombak ekstrim dan hanya cocok untuk peselancar professional, di kawasan pantai sekitar Pulau Merah ini ombaknya aman bagi peselancar pemula maupun amatir dengan ketinggian rata-rata ombaknya sekitar dua meter. Pantai ini juga menjadi tujuan baru bagi para peselancar, baik peselancar lokal maupun mancanegara. Terlebih pada tanggal 24-26 Mei 2013 lalu diadakan kompetisi selancar bertaraf internasional pertama kalinya di pantai ini, “Red Island Banyuwangi International Surf Competition 2013”.

Akses ke Pulau Merah

Lokasi Pulau Merah ini sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, kamu bisa naik bus Minto atau Ujang Jaya dengan jurusan Pesanggaran. Kemudian turun di Pasar Pesanggaran dan disambung dengan menyewa ojek untuk menuju ke Pulau Merah. Jika menggunakan kendaran pribadi, kamu bisa mengambil rute dari Banyuwangi menuju ke Rogojampi hingga menjumpai lampu merah Jajag dimana terdapat patung macan putih di tengahnya. Dari lampu merah ini kamu bisa belok ke arah selatan dan mengikuti rambu-rambu penunjuk arah Pesanggaran-Pulau Merah. Untuk masuk kawasan obyek wisata Pulau Merah pada hari biasa tidak dipungut biaya, sedangkan pada hari Minggu atau hari libur akan dikenakan tarif masuk obyek wisata.

Maskapai terbang ke Banyuwangi



Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment