Sabtu, 08 Februari 2014

Taman Nasional Way Kambas Bandar Lampung Indonesia


Tentang Taman Nasional Way Kambas

Indonesia memang kaya akan keanekaragaman hewani maupun hayatinya, jadi tak heran jika di Indonesia banyak terdapat Taman Nasional yang difungsikan guna menjaga keberadaan hewan dan tumbuhan agar tetap lestari di habitat aslinya. Salah satu Taman Nasional yang tertua di Indonesia yaitu Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang ada di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Sejak tahun 1937 kawasan hutan yang masuk kategori hutan redah ini ditetapkan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai kawasan suaka margasatwa, baru pada tahun 1989 status Way Kambas ditingkatkan menjadi Taman Nasional berdasarkan keputusan Menteri Kehutanan. Tidak hanya menyandang gelar sebagai Taman Nasional tertua, Way Kambas juga merupakan Taman Nasional yang terluas di Indonesia. Luas wilayahnya sekitar 130.000 hektar.

Kawasan hutan TNWK merupakan habitat alami untuk beberapa hewan yang saat ini sudah terancam punah, yaitu gajah Sumatera, badak Sumatera, harimau Sumatera dan tapir. Selain itu juga terdapat aneka jenis reptil seperti ular, labi-labi, buaya muara dan kura-kura. Juga terdapat aneka macam burung seperti beo, rangkong, elang laut dan burung kuntul putih. Jenis primata yang bisa ditemukan disini pun bermacam-macam kurang lebih terdapat 6 jenis primata mulai dari siamang, kera ekor panjang, beruk owa, dan dua jenis lutung. Keanekaragaman hayatinya pun tak kalah banyaknya, ada berbagai pohon yang biasanya digunakan untuk keperluan industri seperti rotan, karet, bambu. aren meranti dan damar.

Yang paling seru di TNWK ini terdapat pusat konservasi gajah Karangsari. Di sini gajah-gajah akan dijinakan dan dilatih. Selain bisa melihat beraneka macam atraksi gajah yang sangat menghibur, Anda juga bisa uji keberanian dengan mengitari TNWK sambil menunggangi gajah. Didalam area TNKW ini juga tendapat lokasi yang bernama Way Kanan.

Untuk menuju Way Kanan hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Jalanannya sudah beraspal, jadi Anda bisa menuju ke lokasi menggunakan kendaraan darat. Di Way Kanan Anda bisa menyusuri hutan dan menikmati suasana dalam hutan yang damai. Di sini sudah disediakan track kayu yang bisa dengan mudah Anda lalui. Atau bisa juga menyusuri Sungai Way Kanan menggunakan kapal motor yang sudah disediakan oleh pengelola TNWK. Sungai Way Kanan merupakan habitat untuk buaya muara. Sepanjang perjalanan menyusuri sungai, Anda akan menemukan 2 pos peristirahatan yang biasanya digunakan oleh para polisi hutan. Sempatkan waktu Anda untuk berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas ini dan uji nyali Anda untuk berpetualangan langsung di dalam hutan sekaligus edukasi tentang alam Indonesia.

Akses ke Taman Nasional Way Kambas

Dari pusat Kota Bandar Lampung dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Jika dari Pelabuhan Bakauheni perjalanan bisa ditempuh selama 3 jam. Sebelum mengunjungi Taman Nasional Way Kambas ini terlebih dahulu Anda harus memperoleh ijin dari pihak pengelola. Perijinanya tidak ribet dan tidak begitu formal. Namun dengan meminta ijin terlebih dahulu akan memudahkan kunjungan Anda karena pihak pengelola akan menyediakan beberapa penjaga hutan untuk memandu perjalanan Anda menyusuri hutan.

Maskapai terbang ke Bandar Lampung



Sumber : utiket.com