Sabtu, 29 Maret 2014

Hotel Pertama di Indonesia


Tahukah Anda bahwa hotel berbintang pertama dibangun di Jakarta, Indonesia? Nama hotel tersebut adalah Hotel Indonesia yang diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Presiden Soekarno. Hotel Indonesia adalah hotel bintang lima yang dibangun untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962. Hotel tersebut dibangun di atas lahan seluas 25.082 meter persegi dengan arsitek perancangnya adalah Abel Sorensen dan istrinya Wendy yang berasal dari Amerika Serikat. Hotel Indonesia mempunyai slogan A Dramatic Symbol of Free Nations Working Together

Setelah dilakukan peresmian, hotel ini dimanfaatkan untuk menampung para tamu negara serta atlet mancanegara yang bertanding dalam rangka Asian Games IV. Design hotel bangunan ini dibuat layaknya huruf T. Seluruh kamar yang ada pada hotel pun mempunyai jendela luas yang mengarah ke pemandangan ibu kota Jakarta. Tak hanya itu dekorasi pada hotel juga menggambarkan karakter nasional dari bangsa Indonesia. Salah satunya adalah adanya relief berjudul “Balinese Life” yang berupa pahatan di atas batu andesit dan menggambarkan tentang masyarakat Bali. Selain itu terdapat juga patung “Gadis Kerikan” yang terletak di dekat kolam renang hotel. 

Dalam perjalanannya, hotel ini sempat mengalami beberapa renovasi. Pengelolaannya pun kini telah beralih ke pihak swasta yakni beralih ke jaringan Kempinski Group. Sehingga nama hotel bersejarah ini pun telah berganti menjadi Hotel Indonesia Kempinski. Sebuah nama yang disesuaikan dengan nama pengelolanya. Meski telah berganti pengelola, semoga saja karakter nasional yang ada pada hotel ini tetap terjaga kelestariannya.

Sumber : utiket.com