Rabu, 05 Maret 2014

Kepulauan Derawan Berau Indonesia


Tentang Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur ini merupakan tujuan wisata menyelam terbaik di dunia. Kepulauan ini memiliki 31 pulau namun yang terkenal hanya ada 4 pulau : Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban. Pada tahun 2005 Kepulauan Derawan dicalonkan menjadi salah satu situs Warisan Dunia UNESCO.

Di kepulauan dengan luas wilayah konservasi laut sekitar 1.270.000 hektar ini terdapat ekosistem pesisir : terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau. Ada sekitar 460 jenis terumbu karang yang tersebar di seluruh pulau dan gosong yang ada di kepulauan ini diantaranya Gosong Pulau Panjang, Gosong Muaras, Gosong Masimbung, Gosong Buliulin, Gosong Pinaka, Gosong Tababinga dan Gosong Muaras. Ada pula 870 jenis ikan yang diantaranya merupakan spesies yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, dan ikan barakuda.

Kehidupan bawah laut di Kepulauan Derawan ini sangat menakjubkan. Terdapat 28 titik penyelaman di kepulauan ini. Banyak wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara yang menyelam di kepulauan dengan biota lautnya yang menawan ini. Keindahan bawah laut di Kepulauan Derawan ini merupakan surga bagi para penyelam.

Akses ke Kepulauan Derawan

Dari Berau, kamu bisa naik menyewa mobil menuju Tanjung Batu dengan waktu tempuh selama +/-2 jam. Biaya sewa mobil ini sekitar Rp. 350.000 sekali jalan. Kemudian dari Tanjung Batu dilanjutkan dengan menggunakan speed boat menuju Kepulauan Derawan dengan lama perjalanan sekitar 30 menit dengan tarif mulai dari Rp. 250.000 per kapal yang memuat 5 orang. Untuk berkeliling pulau yang ada di Kepulauan Derawan ini kamu bisa menyewa kapal dengan tarif Rp. 1.5000.000 per kapal yang disewa selama 1 hari.

Maskapai terbang ke Berau



Sumber : utiket.com