Kamis, 20 Maret 2014

Lima Istana Termegah di Dunia


Seperti yang kita tahu, ada beberapa negara di dunia yang dipimpin oleh seorang raja. Sebagai raja tentunya memiliki istana atau kerajaan sebagai tempat tinggal sekaligus pusat pemerintahan. Jika membayangkan istana, tentunya akan terlintas bangunan besar dan luas di benak kita. Hal tersebut memang benar adanya dan menjadikan istana sebagai tempat yang megah. Di bawah ini ada lima istana termegah di dunia versi utiket yang menarik untuk diketahui : 

Buckingham Palace, Inggris

Buckingham Palace merupakan istana yang menjadi tempat tinggal resmi bagi Raja Inggris. Istana ini berada di kota Westminster, London. Selain menjadi tempat tinggal sang raja, istana ini digunakan sebagai tempat berlangsungnya berbagai acara kerajaan dan kenegaraan. Bahkan istana ini juga menjadi pusat keramaian saat perayaan berbagai acara nasional bagi warga Inggris. 

Blenheim Palace, Inggris

Masih di negara Inggris, Blenheim Palace merupakan tempat tinggal Duke dan Duchess of 11 Marlborough. Istana ini berada di kota Oxfordshire dan dibangun di atas lahan seluas 2.100 hektar. Bangunan istana ini dikelilingi oleh taman dan padang rumput yang indah dimana terdapat sebuah danau besar. Perpaduan bangunan istana yang megah antara taman dan danau menghadirkan pesona tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. 

Chateau de Versailles, Perancis

Chateau de Versailles atau Istana Versailles merupakan tempat tinggal resmi bagi raja Perancis. Cikal bakal bangunan ini dibangun oleh Raja Louis XIII pada tahun 1624. Pada awal dibangun, tempat ini merupakan sebuah pondok yang digunakan untuk berburu. Kemudian pada tahun 1669, Raja Louis XIV memperluas tempat ini dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan rahasia dengan pujaan hatinya, Louise de la Valliere. Di sekitar bangunan utama istana ini juga dibangun sebuah taman dongeng oleh Raja Louis XIV. Hingga akhirnya seorang arsitek utama kerajaan bernama Jules Hardouin Mansart yang juga menjadi arsitek favorit Raja Louis XIV mengubah istana ini menjadi lebih megah. 

Dolmabahce Palace, Turki

Dolmabahce Palace merupakan sebuah istana yang berada di Istanbul, Turki. Berada di tepian Selat Bosporus yang memisahkan Turki dengan benua Eropa. Istana ini menjadi pusat administrasi utama kekaisaran Ottoman yang dibangun di atas lahan seluas 45.000 meter persegi dan terbagi menjadi tiga bagian, yakni apartemen keluarga Sultan (Harem-I Humayun), tempat khusus untuk pria (Mabeyn-i Humayun) dan aula sebagai tempat upacara (Muayede Salonu). Istana megah ini mempunyai 285 kamar, 68 kamar mandi, 46 aula dan 6 tempat pemandian. 

Tokyo Imperial Palace, Jepang

Tokyo Imperial Palace merupakan istana yang menjadi tempat tinggal utama Kaisar Jepang. Istana ini terletak di dekat Tokyo Station di Chiyoda, Tokyo. Istana ini berdiri di atas lahan seluas sekitar tujuh kilometer persegi. Bangunan istana ini dikelilingi oleh area taman yang sangat luas. Di sekitar area taman juga terdapat rumah pribadi bagi keluarga kerajaan.

Sumber : utiket.com