Selasa, 25 Maret 2014

Makanan Khas Papeda


Selain nasi, makanan pokok masyarakat Indonesia lainnya adalah Papeda. Papeda adalah makanan khas yang terbuat dari sagu. Papeda biasanya menjadi menu utama bagi masyarakat Ambon, Papua dan masyarakat wilayah timur lainnya. 

Bahan utama pembuatan Papeda adalah tepung sagu. Bentuknya hampir menyerupai lem, bening dan lengket. Makanan ini dikenal juga dengan nama Bubur Sagu. Cara membuatnya sangat mudah. Tepung sagu disiram dengan air panas dan diaduk terus hingga mengental. Jika sudah mengental, barulah Papeda siap dihidangkan. 

Papeda mempunyai rasa tawar dan memiliki tekstur yang kenyal. Biasanya dihidangkan dengan kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara serta dibumbui dengan kunyit, jeruk nipis dan juga kelapa sisi yaitu kelapa tua yang dipotong sedang dan dimakan mentah. Karena teksturnya yang kenyal, maka diperlukan alat khusus untuk mengambil Papeda dari tempatnya. Alat yang biasa dipakai terbuat dari bambu dan biasa disebut dengan “Gata-Gata”. Biasanya Papeda dimakan tidak menggunakan sendok tetapi langsung dari piring, namun jika belum terbiasa memang sedikit susah sehingga memerlukan sendok untuk memakannya. 

Makanan ini merupakan makanan favorit untuk masyarakat Ambon dan wilayah timur lainnya. Rasanya tak lengkap jika makan tanpa Papeda. Makanan tradisional ini juga sudah menjadi turun temurun bagi anak dan cucu msyarakat Ambon. Bahkan saat ada acara adat, Papeda menjadi makanan yang wajib ada. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba makanan unik ini?

Sumber : utiket.com