Rabu, 26 Maret 2014

Obyek Wisata Yang Terancam Punah


Banyak tempat menarik yang menakjubkan di dunia ini yang bisa kita lihat dan bahkan kita kunjungi. Namun akibat pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim dan anomali cuaca yang semakin tidak jelas, menyebabkan beberapa tempat wisata ini terancam rusak, bahkan punah. Sangat miris jika ini benar-benar terjadi. Ada baiknya jika kita mulai melakukan hal-hal kecil untuk menjaga bumi ini. Berikut adalah lima tempat wisata yang terancam rusak : 

Laut Mati Yordania

Laut mati Yordani adalah laut yang mengandung kadar garam tinggi, sehingga kita tidak akan tenggelam jika berenang di laut ini. Selain itu Laut Yordania juga merupakan laut paling asin yang ada di dunia. Sayangnya laut ini terancam punah karena air laut perlahan menguap dan mulai surut dikarenakan suhu bumi yang semakin tinggi. Bahkan dalam beberapa tahun ini permukaan Laut Mati menyurut hingga lima centimeter per tahun. 

Venesia, Italia

Seperti yang kita tahu, Venesia adalah kota romantis yang ada di italia. Kota ini dikelilingi oleh kanal air sehingga transportasi utamanya adalah gondola. Namun akibat pencairan gletser maka air laut pun semakin meninggi. Permukaan air laut dan curah hujan yang semakin tinggi juga dapat mengakibatkan kota Venesia terancam hilang, tenggelam oleh air. 

Pegunungan Alpen, Eropa

Siapa yang tak kenal dengan pegunungan Alpen yang mendunia ini. Penggunungan ini terlihat sangat cantik karena berselimut salju. Namun meskipun pegunungan ini berada di kawasan dengan temperatur suhu yang rendah, dampak pemanasan global tetap tidak bisa di hindari. Pemanasan global yang terjadi akan memicu penipisan pada gletser salju yang menutupi pegunungan ini. Bahkan saat ini gunung tertinggi di wilayah pegunungan Alpen, Mont Blanc ini ketebalan gletsernya sudah menurun hingga empat puluh lima centimeter. 

The Great Barrier Reef Australia

Kawasan ini adalah kawasan terumbu karang terluas di dunia. Lebih dari 400 jenis terumbu karang ada di sini. Obyek wisata ini berada di Laut Coral, Queensland, timur laut Australia. Kawasan ini terancam punah. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah pemanasan global. Seperti cuaca yang tidak menentu, polusi air, matahari yang terlalu terik dan beberapa hal lainnya. Spot favorit para diving dunia ini bahkan diperkirakan akan punah pada tahun 2050. 

Taj Mahal, India

Ini adalah bangunan termegah dan tercantik di dunia. Bangunan ini sangat terkenal dan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Namun banyaknya wisatawan yang datang justru membuat bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1638 ini semakin memprihatinkan. Wisatawan terkadang kurang bijak dengan memegang bagian bangunan secara sembarang. Selain wisatawan, Taj Mahal juga kian mengenaskan karena polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik di sekitar kawasan obyek wisata.

Sumber : utiket.com