Selasa, 15 April 2014

Goa Kokas Fak Fak, Indonesia



Tentang Goa Kokas

Kota Fak Fak merupakan ibukota Kabupaten Fak Fak. Sebagai penghasil buah pala, Kota Fak Fak dikenal dengan nama Kota Pala. Di kota ini pula terdapat beberapa situs peninggalan sejarah salah satunya Goa Kokas.

Goa Kokas terletak di Distrik Kokas, Kabupaten Fak Fak, Propinsi Papua Barat. Pada tahun 1942-1945, Kokas pernah bergelar sebagai kota basis pertahanan tentara Jepang melawan sekutu pada masa Perang Dunia kedua dan Goa Kokas ini merupakan goa peninggalan tentara Jepang pada masa tersebut.

Jika dilihat dari luar, kita tidak akan menduga bahwa di tempat ini merupakan sebuah goa persembunyian. Dari luar kita hanya akan melihat tiga buah bunker pengintai berukuran 4 meter persegi. Namun begitu kita masuk ke dalamnya maka akan kita temukan goa yang dibangun tepat menghadap laut. Dahulu, setiap kapal sekutu yang merapat di perairan Kokas dapat dipantau dengan mudah oleh tentara Jepang melalui goa ini.

Hingga saat ini bangunan Goa Kokas masih asli tidak ada perubahan kecuali pada pintu pagar di ketiga mulut goa. Pemerintah setempat pun telah menjadikan Goa Kokas sebagai lokasi wisata. Jika berencana menyusuri goa ini jangan lupa untuk membawa senter atau penerangan lainnya karena di dalam goa tidak terdapat cahaya sama sekali bahkan sinar matahari pun hanya bisa menerangi sampai di bibir goa saja.

Saat menyusuri goa, kita akan ditantang untuk meraba setiap detail sudut goa sepanjang 138 m ini. Di dalam goa, kita akan menjumpai ruangan-ruangan yang disekat seperti kamar tidur. Sesampainya di ujung goa, kita akan menemukan pemandangan indah dan kesejukan laut yang membentang. Kita bisa melepas lelah sambil menikmati panoramanya yang indah.

Akses ke Goa Kokas

Dari terminal Fak Fak menggunakan angkutan luar kota yang menuju ke pusat kota Kokas dengan tarif Rp. 25.000 sekali jalan hingga ke lokasi Goa Kokas. Perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan bukit dan sejuknya udara di belantara Papua.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Papua, Anda bisa mengunjungi :

Sumber : utiket.com