Selasa, 29 April 2014

Lima Jalan Terunik di Dunia


Jalan merupakan hal yang selalu kita jumpai setiap saat. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa jalan terunik di dunia ini. Berikut ini rangkuman lima jalan terunik di dunia.

Lombard Street, USA

Lombard Street merupakan jalan berkelok yang berada di dekat puncak Bukit Russian yakni diantara jalan Hyde dan Leavenworth, San Franciso, Amerika Serikat. Dahulunya jalan ini lurus ke bawah dengan kecuraman sekitar 27 derajat. Namun antara tahun 1922 hingga tahun 1923, jalan ini kemudian dibuat berliku agar tidak membahayakan para pengguna jalan. Jalan sepanjang sekitar 400 meter dan diaspal dengan bata merah ini hanya bisa digunakan untuk satu arah saja (downhill) atau untuk berbelok ke timur yakni ke arah Leavenworth Street. Terdapat delapan kelokan di jalan ini. Kendaraan yang melintas di sini pun dibatasi kecepatan maksimalnya, yaitu delapan kilometer per jam.

Spreuerhofstraße, Jerman

Bagi orang awan tentunya susah untuk membaca nama jalan yang dinobatkan sebagai jalan tersempit di dunia ini. Jalan ini tepatnya berada di kota Reutlingen, Baden-Württemberg, Jerman. Jalan ini hanya memiliki ukuran 31 cm untuk bagian tersempitnya dan 50 cm untuk bagian terlebarnya. Jalan ini dibangun pada tahun 1727. Sebelumnya kawasan ini sempat mengalami peristiwa kebakaran yang terjadi pada tahun 1726. Jalan ini resmi terdaftar di dalam arsip Dinas Pertanahan Kota setempat dengan nama City Street Number 77.

Baldwin Street, Selandia Baru

Baldwin Street berada di kota Dunedin, Selandia Baru. Jalan sepanjang sekitar 350 meter ini membentang dari lembah Lindsay Creek menanjak ke Bukit Signal yang mengarah ke Opoho dengan elevasi dari bawah ke puncak sekitar 30 hingga 100 mdpl. Yang menjadi keunikan dari jalan ini adalah kemiringannya yang mencapai 19 derajat. Bisa dibayangkan bagaimana curamnya jalan ini. Hal tersebut menjadikan Baldwin Street diakui sebagai jalan tercuram di dunia.

Magic Roundbout, Inggris

Semuanya pasti tahu dengan yang namanya jalan melingkar. Dan biasanya jalan melingkar tersebut ada pembatasnya. Namun di kota Swindon, Inggris terdapat jalan melingkar yang membingungkan karena tidak memiliki batas, yaitu Magic Roundabout. Jalan ini dibangun pada tahun 1972 dan terdiri dari lima jalan melingkar mini. Pada tahun 2009, jalan ini menjadi salah satu jalan mengerikan di Inggris. Pembangunan jalan ini dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan, namun di sisi lain jalan ini justru membingungkan bagi yang belum tahu.

Judge Harry Pregerson Interchange, USA

Persimpangan jalan dengan nama Judge Harry Pregerson Interchange ini berada di Los Angeles, California, Amerika Serikat dan menjadi salah satu persimpangan jalan terumit. Jalan yang dibuka pada tahun 1993 ini memiliki empat level persimpangan yang terdiri dari lapisan-lapisan jembatan yang jika dilihat dari ketinggian, maka jalan ini benar-benar terlihat rumit.

Sumber : utiket.com