Jumat, 18 April 2014

Pantai Bolihutuo Gorontalo Indonesia



Tentang Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Boalemo Indah merupakan salah satu obyek wisata alternatif untuk menghabiskan akhir pekan. Pantai ini berada di Kelurahan Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Propinsi Sulawesi Utara. Dari Kota Gorontalo berjarak sekitar 130 km.

Keindahan Pantai Bolihutuo menyerupai hamparan mutiara di pesisir Teluk Tomini. Hamparan pasir putihnya dipadu dengan gulungan ombak yang berkejaran terlihat memutih menghiasi lautnya yang biru akan memanjakan mata anda untuk menikmati keindahan pantai ini. Di kawasan pinggir pantai terdapat pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang, semakin menambah sejuknya suasana.

Tersedia perahu untuk disewa bagi yang ingin melihat berkeliling pantai. Tarif sewa perahu Rp. 3.000 per 10 menit. Selain perahu, tersedia pula sepeda air, kapal motor, alat diving dan sejumlah fasilitas lain yang disewakan bagi para pengunjung di Pantai Bolihutuo. Di pinggir pantai terdapat saung dan gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai dan beristirahat.

Sarana dan prasarana lainnya pun juga telah tersedia di sini seperti : rumah makan, cottage dan pusat informasi wisata. Jika ingin bermalam di pantai ini anda bisa menyewa cottage dengan tarif mulai dari Rp. 150.000 per malam. Untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Balihutuo, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp. 3.000 per orang.

Akses ke Pantai Bolihutuo

Dari Kota Gorontalo anda dapat menggunakan kendaraan darat baik sewa maupun pribadi atau menggunakan angkutan umum dengan tarif sekitar Rp. 25.000 untuk menuju ke Pantai Bolihutuo. Selama perjalanan menuju pantai yang berjarak sekitar 130 km dari Kota Gorontalo tersebut anda akan disapa oleh alam yang sejuk, lambaian pohon kelapa di sepanjang lembah dan bukit yang anda lalui. Selain itu jika anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewa maka anda dapat berhenti di beberapa lokasi untuk membeli oleh-oleh khas Gorontalo seperti binte biluhuta: sup jagung yang lezat, ilabulo: daging, lemak dan kulit ayam yang dimasak memakai pati sagu dan dodol Gorontalo. Yang tak kalah seru, anda juga bisa mampir untuk menikmati jagung pulut yang rasanya lembut dan gurih di Paguyaman yang berada di dekat lokasi transmigrasi.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gorontalo, Anda bisa mengunjungi :


Sumber : utiket.com