Senin, 21 April 2014

Pantai Lagundri dan Sorake Gunung Sitoli Indonesia



Tentang Pantai Lagundri dan Sorake

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake merupakan dua pantai yang berada dalam satu garis pantai. Jarak kedua pantai itu hanya dua kilometer. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Kedua pantai tersebut sudah tersohor di kalangan para peselancar profesional domestik maupun mancanegara.

Keduanya terkenal karena ombaknya yang menantang bagi para peselancar dan disebut-sebut sebagai tempat berselancar terbaik kedua setelah Hawaii. Tinggi ombak di kedua pantai ini bisa mencapai tujuh hingga sepuluh meter dengan lima tingkatan. Daya dorong ombaknya sendiri bisa mencapai 200 meter. Saat bulan purnama tiba, ombak di kedua pantai ini akan menjadi lebih menantang. Hal tersebut dikarenakan lokasinya yang berhadapan dengan Samudera Indonesia dan merupakan tempat bertemunya teluk menjadikan ombaknya mengalir besar.

Bukan hamparan pasir putih yang bisa kita jumpai di kedua pantai ini, namun juga batu-batu karang yang bertebaran di sepanjang pesisir pantainya. Para ahli mengatakan bahwa pantai yang tepinya penuh dengan batu karang, maka pantai tersebut mempunyai ombak yang lebih besar daripada pantai yang berpasir.

Bagi wisatawan yang ingin belajar berselancar di pantai ini juga bisa lho. Warga lokal di daerah pantai tersebut akan menjadi pemandu dan pelatih untuk belajar berselancar. Waktu terbaik untuk belajar berselancar adalah pagi hari karena ombaknya belum terlalu tinggi.

Beberapa lomba selancar sering diadakan di kedua pantai ini baik lomba selancar nasional maupun internasional. Biasanya lomba digelar antara bulan Juni atau Juli setiap tahunnya dimana pada bulan tersebut ombak di pantai ini sedang besar-besarnya. Nias Open merupakan salah satu kejuaraan selancar yang rutin diselenggarakan di kedua pantai tersebut. Pesertanya didominasi oleh peselancar mancanegara.

Jika ingin bermalam di kawasan Pantai Lagundri dan Pantai Sorake, kita bisa memilih diantara 60 homestay yang berjejer di bibir pantai tersebut. Tarif sewa kamarnya mulai dari Rp. 75.000 per malam. Salah satu hotel berbintang yang terkenal di kawasan ini adalah Sorake Beach Hotel.

Akses ke Pantai Lagundri dan Sorake

Kita bisa memilih penerbangan yang menuju ke Bandara BinakaGunung Sitoli. Dari bandara kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Lagundri dan Pantai Sorake yang berada di Teluk Dalam menggunakan kendaraan umum yang berupa minibus. Tarif untuk naik minibus sekitar Rp. 40.000 per orang.

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewa maka kita bisa memilih jalur untuk menuju kedua pantai tersebut:

Jalur pertama: melewati Lahewa kemudian membelah Pulau Nias sampai ke Teluk Dalam.
Jalur kedua: menyusuri pantai dengan melewati kota-kota kecamatan, yaitu Gido, Bawolato, Idanogawo dan Lahusa.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gunung Sitoli, Anda bisa mengunjungi :


Maskapai terbang ke Gunung Sitoli

Maskapai ini terbang langsung ke Gunung Sitoli.


Sumber : utiket.com