Minggu, 20 April 2014

Pulau Kadidiri Gorontalo Indonesia



Tentang Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Propinsi Sulawesi Tengah. Pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Pulau dengan pantai berpasir putih bersih dan laut yang sangat jernih ini merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan. Daya tarik lain dari kepulauan ini adalah adanya taman laut yang sangat mempesona dengan sekitar 200 macam biota laut di dalamnya. Taman laut berhiaskan terumbu karang dan berbagai jenis fauna laut ini benar-benar menjadi daya tarik utama di pulau ini, bagi wisatawan yang memang hobi ber-snorkeling. Di sinilah salah satu surga bawah laut yang patut dikunjungi. Wisatawan dapat dengan mudah menyaksikan ikan-ikan kecil berenang kesana-kemari mencoba bersembunyi di balik karang-karang yang sangat mempesona dengan keindahannya dan kealamiahannya. Karena memang di lokasi obyek wisata ini masih sangat dijaga kelestariannya dan bahkan dilindungi oleh pemerintah.

Untuk dapat menikmati keindahan surga bawah laut tersebut, pengunjung tidak perlu susah-susah ke tengah lautan karena pemandangan yang mengagumkan tersebut dapat disaksikan di dasar laut di bibir pantai. Daerah pesisir pantainya pun tidak kalah menawannya. Namun bagi pengunjung yang ingin lebih menikmati keindahan bawah lautnya, bisa mengunjungi beberapa spot diving di kawasan Kadidiri ini. Selain beberapa spot diving yang dapat dikunjungi, di lokasi ini juga ditawarkan beberapa level diving spot. Dari mulai Spot Open Water yang standar hingga Night Dive yang bisa memacu adrenalin para wisatawan. Bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi level diving tersebut dapat menyewa jasa dive center yang terletak di pulau tersebut. Bukan hanya jasa saja, di lokasi wisata ini juga telah dibuka tempat penyewaan peralatan snorkeling maupun diving. Jadi para wisatawan tidak perlu repot-repot membawa peralatan menyelam.

Selain dapat menikmati keindahan bawah laut pulau Kadidiri, ada satu lagi kegiatan yang menjadi favorit para wisatawan di sini, yaitu bird watching. Di bird watching ini, wisatawan dapat melihat burung yang ada di lokasi ini. Beberapa jenis burung yang jarang diketemukan di lokasi lain, akan dapat dijumpai disini. Salah satu burung tersebut adalah burung elang kepala putih. Burung yang saat ini sudah tergolong langka dan dilindungi ini akan mudah dijumpai saat mereka terbang membumbung tinggi di tepian pantai.

Tidak sampai disitu saja keeksotikan pulau ini. Bagi wisatawan yang suka dengan kegiatan trekking bisa menjelajah hutan yang terdapat di sekeliling pantai tersebut. Nah, bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan di pulau ini tidak perlu takut mengenai penginapan karena di lokasi obyek wisata Pulau Kadidiri ini sudah banyak dibangun resort atau penginapan yang dapat disewa oleh pengunjung dengan berbagai macam tipe dan tarif yang berbeda-beda. Namun sedikit disayangkan, karena di kepulauan ini wisatawan tidak dapat melakukan komunikasi karena di kepulauan ini belum ada sinyal, jadinya tidak dapat menggunakan alat komunikasi.

Akses ke Pulau Kadidiri

Untuk dapat sampai ke Pulau Kadidiri dapat ditempuh menggunakan perahu dengan rute Pulau Wakai-Bomba-Kadidiri dari dermaga yang berada di Ampana, ibukota Kabupaten Tojo Una-Una. Tarif naik perahu ini sekitar Rp. 30.000-50.000 per orang dengan memakan waktu sekitar 5 jam. Untuk catatan, terkadang perahu ini hanya mau mengantarkan sampai di Pulau Wakai saja jika yang menuju Pulau Kadidiri hanya sedikit. Dari dermaga di Ampana dapat juga menggunakan kapal ferry dengan tujuan Gorontalo dan transit di Pulau Wakai yang hanya berangkat pada hari Rabu saja tiap minggunya. Tarif naik kapal ferry ini sekitar Rp. 100.000 per orang. Jika menggunakan kapal ferry akan memakan waktu lebih lama karena untuk rute Gorontalo ke Pulau Wakai sendiri memakan waktu sekitar 8 jam. Sesampainya di Pulau Wakai dapat menyewa perahu lainnya atau speedboat untuk mencapai Pulau Kadidiri. Lama perjalanan jika menggunakan perahu sekitar 1 jam, jika menggunakan speedboat tentunya akan lebih cepat.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gorontalo, Anda bisa mengunjungi :


Sumber : utiket.com