Sabtu, 24 Mei 2014

Air Terjun Moramo Kendari Indonesia



Tentang Air Terjun Moramo

Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Propinsi Sulawesi Tenggara. 

Ini dia air salah satu air terjun terindah di Indonesia. Namanya Air Terjun Moramo. Air terjun ini berada di Kawasan Suaka Alam Tanjung PeropaDesa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe, Propinsi Sulawesi Tenggara. Jaraknya sekitar 60 km dari Kota Kendari.

Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa tempat dimana Air Terjun Moramo berada mempunyai luas sekitar 38.937 hektar. Kawasan ini memiliki panorama alam yang indah dan sejuk dengan banyaknya flora dan fauna di dalamnya yang diantaranya merupakan satwa endemik Sulawesi seperti anoa dan monyet hitam. Selain kekayaan flora dan fauna yang ada, kawasan ini juga memiliki kandungan marmer yang diperkirakan mencapai 860 miliar meter kubik. Kandungan marmer yang tersimpan di kawasan ini merupakan yang terbesar di dunia.

Air Terjun Moramo sendiri ditemukan pada tahun 1980 oleh transmigran Jawa saat membuka hutan untuk memasang jerat anoa. Kemudian pada tahun 1989 dibuat jalan untuk mencapai lokasi air terjun dan mulai dibuka sebagai obyek wisata pada tahun 1990. Sebagian masyarakat di sekitar kawasan ini memang merupakan warga transmigran yang berasal dari Jawa dan Bali.

Aliran Air Terjun Moramo berasal dari Sungai Biskori yang berhulu di Pegunungan Tambolosu dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengairi sawah mereka. Ketinggian air terjun mencapai 100 m dengan bentuk bertingkat-tingkat. Aliran air terjunnya meluncur deras melalui batu granit dengan tinggi antara 0,5-3 m yang bersusun dan terbentuk selama ribuan tahun.

Karena bentuknya yang bertingkat-tingkat maka Air Terjun Moramo mempunyai undakan air terjun yang terdiri dari tujuh buah undakan besar dan 60 undakan kecil. Beberapa diantaranya menyerupai kolam kecil yang dapat dimanfaatkan untuk pemandian atau berenang. Airnyapun jernih dan segar dengan kedalam sekitar satu meter. Bahkan warga sekitar pun percaya bahwa ada bidadari dari langit yang turun untuk mandi di sini. Untuk melewati setiap tingkatan air terjun ini kita bisa mendaki ke tebing-tebing marmer berwarna hijau di setiap sisinya. Tak usah khawatir licin atau terpeleset karena tidak ada lumut yang dapat tumbuh di tebing-tebing marmer tersebut. Hal itu disebabkan lokasi Air Terjun Moramo merupakan daerah batuan kapur sehingga airnya mengandung sulfur dan alkali yang menyebabkan lumut sulit tumbuh.

Akses ke Air Terjun Moramo

Dari Kota Kendari kita bisa menyewa kendaraan menuju Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang berada di Kabupaten Konawe Selatan. Harga sewa kendaraannya sekitar Rp. 350.000. Dari pintu masuk Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa kita bisa berjalan kaki menuju Air Terjun Moramo sejauh dua kilometer. Hati-hati saat berjalan menuju ke lokasi air terjun karena kondisi jalannya yang licin dan menanjak.

Sumber : utiket.com