Sabtu, 17 Mei 2014

Gunung Kerinci Jambi Indonesia



Tentang Gunung Kerinci

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang hobi berpetualang dan mendaki gunung. Pasti sebagian dari Anda sudah tahu bahwa Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung berapi yang terkenal di Sumatera. Hampir semua penduduk Sumatera pasti tahu gunung ini. Gunung Kerinci barada di jajaran Bukit Barisan, tingginya mencapai 3805 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi di Sumatera dan Indonesia.

Jika Anda ingin melakukan pendakian ke Gunung Kerinci yang harus Anda lakukan pertama kali yaitu menuju Pondok R10 yang berada di ketinggian 1611 mdpl. Jalan menuju pondok ini masih beraspal, bahkan jika Anda beruntung Anda bisa numpang pada warga sekitar yang membawa kendaraan. Jika berjalan kaki Anda akan menempuh waktu sekitar satu jam untuk sampai di pondok tersebut. Di pondok ini Anda juga harus membayar biaya pendakian sekitar Rp 10.000.

Dari Pondok R10 dilanjutkan menuju Pintu Rimba. Pintu Rimba ini berada di ketinggian 1800 mdpl, kondisi jalannya pun masih beraspal dan melewati perkebunan. Pintu Rimba akan mengantar kita menuju pos pertama pendakian yaitu Pos Bangku Panjang. Medan yang harus dilalui untuk menuju pos pertama pendakian belum terlalu terjal, Anda akan melewati hutan heterogen dengan track yang masih landai. Sebelum sampai ke Pos Bangku Panjang, Anda melewati Pos Batu Lumut yang berada di ketinggian 2000 mdpl. Di posko kedua ini jika musim hujan Anda bisa mendapatkan air.

Setelah tiba di Posko Bangku Panjang, Anda akan memulai track dengan rute yang terjal dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Di sini terdapat shelter pertama yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat jika Anda tidak sanggup melanjutkan perjalanan sepanjang tiga kilometer dengan track yang rata-rata mempunyai kemiringan 45 derajat. Setelah melewati track tersebut Anda bisa sampai ke shelter kedua. Dari shelter kedua menuju shelter ketiga Anda harus menempuh perjalanan sepanjang dua kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Di shelter ini Anda bisa menemukan sumber air serta terdapat tanah luas yang bisa Anda gunakan untuk mendirikan tenda. Dari sini pemandangan indah pun mulai terlihat. Anda bisa melihat pemandangan Desa Kersik Tuo. Perjalanan dilanjutkan ke shelter keempat. Dari shelter ketiga ke shelter keempat membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam. Untuk menuju puncak Gunung Kerinci, Anda harus menempuh perjalanan selama dua jam dari shelter keempat dengan medan pasir dan batu cadas, suhu yang dingin dang angin yang kencang. Dalam perjalanan menuju puncak Anda akan menemukan Tugu Yudha yang dibangun guna menghormati seorang pendaki yang tewas saat pendakian dan mayatnya tidak di temukan. Limabelas menit dari tugu, Anda akan sampai di pucak tertinggi Pulau Sumatera, puncak Gunung Kerinci. Puncak Gunung Kerinci mempunyai kawah yang masih aktif.

Dari puncak Gunung Kerinci seperti yang sudah bisa dibayangkan, pemandangan alamnya sangat menakjubkan. Samudera Indonesia sangat indah dilihat dari puncak ini, dikelilingi dengan desa-desa pesisir di sekitarnya. Di sebelah selatan Anda bisa melihat pemandangan Danau Gunung Tujuh. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat sunrise dari Gunung Kerinci. Matahari terbit dengan indah beralaskan hutan hujan Sumatera yang sangat luas. Pengalaman ini tentu akan menjadi pengalaman menarik yang bisa Anda kenang seumur hidup Anda. Lakukan beberapa persiapan penting sebelum Anda mendaki, terutama bagi Anda yang pemula. Jangan lupa juga untuk cek kesehatan Anda sebelum Anda melakukan pendakian.

Akses ke Gunung Kerinci

Untuk menuju Gunung Kerinci Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari Jambi Anda harus menuju Sungai Penuh yang merupakan ibukota dari Kabupaten Kerinci. Jarak yang ditempuh sekitar 419 km dan membutuhkan waktu sekitar 10-11 jam. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti travel atau angkot. Tarif travel dari Jambi menuju Sungai Penuh sekitar Rp.100.000 - Rp.150.000 yang bisa Anda lanjutkan dengan menaiki angkot menuju Kayu Tuo dan turun di Desa Kersik Tuo. Ongkos angkot sekitar Rp 10.000,- dengan lama perjalanan sekitar satu jam.

Dari Kota Padang menuju Gunung Kerinci jarak tempuh sekitar 278 km lama perjalanan sekitar 7 jam.

Sumber : utiket.com