Minggu, 04 Mei 2014

Kue Tradisional Getuk


Getuk atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Gethuk adalah kue tradisional yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Kue ini termasuk salah satu kue tradisional yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dan sangat mudah ditemukan di Pulau Jawa khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cara pembuatannya adalah dengan mengkukus atau merebus singkong yang telah dikupas terlebih dahulu. Setelah matang, barulah singkong tersebut ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling serta ditambah gula dan pewarna makanan. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa yang gurih atau gula jawa cair. 

Selain menggunakan bahan utama dari singkong, getuk juga bisa menggunakan bahan utama lainnya seperti ubi, talas ataupun pisang. Getuk di Indonesia pun beragam jenisnya. Diantaranya adalah getuk goreng, getuk lindri, getuk trio, getuk ubi, getuk kurung dan masih banyak lagi lainnya.  

Untuk getuk goreng biasanya mempunyai rasa manis dan gurih. Getuk goreng terbuat dari singkong dan dibumbui dengan gula kelapa. Getuk goreng ini berasal dari Sokaraja dan pertama kali dibuat oleh Sanpirngad pada tahun 1918. Beda lagi dengan getuk lindri yang mempunyai banyak warna. Getuk lindri bahan utamanya juga masih menggunakan singkong, hanya saja getuk lindri mempunyai warna-warna yang menarik seperti hijau, merah muda, kuning atau warna alaminya yakni putih. Getuk lindri juga mempunyai banyak rasa seperti rasa coklat, keju, strowberi serta pandan. Sedangkan getuk trio adalah getuk khas yang berasal dari Magelang. Dinamakan getuk trio karena getuk ini memang terbagi menjadi tiga bagian yang dipisahkan oleh warna yakni coklat, putih dan merah muda. Rasanya pun cukup nikmat dan gurih. Nah, itu dia beberapa getuk yang ada di Indonesia. Yang pasti semuanya terasa nikmat dan lembut di lidah. Penasaran? Silahkan mencicipi.

Sumber : utiket.com