Senin, 05 Mei 2014

Kuliner Khas Nasi Kentut


Apa yang terlintas dipikiran Anda saat mendengar nama makanan ini? Bukan nasi yang bisa kentut loh ya, bukan juga nasi yang baunya seperti kentut. Makanan ini merupakan kuliner khas kota Medan. Namanya memang tak lazim untuk sebuah nama makanan. Meski begitu kuliner ini sudah sangat terkenal. Tak hanya di kota Medan saja, namun di kota lainnya pun makanan ini juga cukup terkenal. Tak heran jika sebuah warung nasi kentut selalu rame diserbu para pembeli.

Nasi kentut merupakan nasi putih yang ditambah dengan bumbu dan rempah. Kemudian nasi akan dibalut dengan daun kentut dan di kukus. Sehingga nasi akan lebih pulen serta gurih. Setelah matang nasi akan berwarna kehijauan dan aromanya pun sangat menggoda. Biasanya disantap dengan aneka macam lauk yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing. Seperti ayam goreng, ikan pepes, tempe maupun tahu goreng. Nah, untuk menampah kelezatannya disediakan juga aneka macam sambal pedas seperti sambal hijau, sambal terasi ataupun sambal goreng.

Rahasia kelezatan nasi ketut sendiri ada pada daun ketut yang digunakan untuk membungkus nasi. Daun ini tak hanya membuat aroma nasi menjadi lebih harum, namun juga mempunyai banyak manfaat seperti mengobati sakit perut kembung, melancarkan pencernaan, hingga mengobati radang usus.

Agar makan lebih nikmat, minumannya juga harus pas. Nah, minuman yang cocok menemani Anda sambil menikmati nasi kentut yaitu es blackberry. Rasanya sedikit asam, manis dan juga segar. Harga nasi kentut juga cukup terjangkau, harga untuk setiap porsinya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 12.000. Penasaran ingin mencobanya?

Sumber : utiket.com