Rabu, 07 Mei 2014

Minuman Hangat Khas Indonesia


Setiap negara pasti mempunyai beberapa makanan dan minuman yang khas. Begitu juga dengan Indonesia. Selain beberapa makanan khasnya yang sudah terkenal hingga mancanegara seperti rendang, Indonesia juga mempunyai beberapa minuman hangat khas yang cocok untuk dinikmati saat musim hujan. Tak hanya nikmat, minuman khas ini juga mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Simak beberapa minuman hangat khas Indonesia berikut.

Wedang Ronde

Wedang Ronde merupakan minuman hangat yang berasal dari Pulau Jawa terutama dari Solo dan Salatiga. Minuman hangat ini terbuat dari air rebusan jahe yang ditambah dengan gula, pandan serta serai. Dalam minuman ini biasanya terdapat beberapa bola yang terbuat dari ketan yang berisi kacang dan gula. Selain dapat menghangatkan tubuh, wedang ronde juga dapat membantu menghilangkan sakit kepala serta menyembuhkan pilek dan masuk angin. Hal tersebut berkaitan dengan adanya jahe dan serai sebagai bahan utama minuman ini.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh merupakan minuman hangat khas Yogyakarta. “Uwuh” berarti “sampah” dalam bahasa Jawa. Dinamakan begitu karena dalam minuman ini terdiri dari berbagai dedaunan yang berserakan, seolah membuatnya seperti sampah dedaunan. Meski begitu berbagai daun yang ada dalam minuman ini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Minuman ini terbuat dari air jahe, kayu secang, cengkeh, pala beserta daunnya, kayu manis beserta daunnya, akar serta daun serai dan dapat disajikan dengan menggunakan gula merah maupun gula batu sebagai pemanisnya. Selain dapat menghangatkan tubuh, minuman ini juga dapat membantu melancarkan peredaran darah serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sarabba

Minuman hangat ini berasal dari kota Makassar. Minuman ini terbuat dari air jahe yang ditambah dengan kuning telur, gula aren, santan serta merica bubuk. Selain dapat menghangatkan tubuh, minuman ini juga dapat membantu menyembuhkan flu, serta masuk angin. Minuman ini seringkali dinikmati bersama sajian pisang bakar atau pisang epe serta kacang rebus. 

Nah, itu tadi beberapa minuman hangat khas Indonesia yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain tiga minuman tadi, masih ada beberapa minuman hangat khas lainnya seperti wedang secang yang terbuat dari kulit secang, teh talua khas Padang yang terbuat dari teh dan kuning telur, bir Pletok khas Betawi yang terbuat dari jahe, daun pandan, serai, kapulaga, kayu manis serta merica hitam dan masih banyak lagi lainnnya.

Sumber : utiket.com