Senin, 26 Mei 2014

Misteri Pulau Sagori Kendari Indonesia


Tentang Misteri Pulau Sagori


Pulau Sagori terletak di Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Pulau ini memiliki daratan yang berbentuk melengkung ke arah selatan. Panorama di kawasan pulau ini juga cukup menarik. Perairannya pun juga cukup jernih. Keindahannya lebih jelas akan terlihat dari atas pegunungan di Pulau Kabaena. Empat perpaduan warna antara warna biru tua, biru muda, putih dan hijau yang berasal dari pohon-pohon cemara akan ditampilkan dari sudut itu. Namun siapa sangka di balik keindahannya, pulau ini menyimpan misteri. Banyak kapal yang karam saat melintasi perairan di kawasan ini. Yups, perairan di pulau ini dikenal juga dengan sebutan Segitiga Bermuda di Kabaena dan menjadi kuburan bagi kapal-kapal yang berlayar mendekati pulau.

Sagori konon berasal dari nama seorang gadis yang berhasil ditemukan oleh warga masyarakat setempat pada saat air laut surut. Saat ditemukan kondisinya sudah lemah. Para pemburu hasil laut lalu menggendongnya ke sebuah onggokan pasir. Namun sayang, setelah sempat menyebutkan namanya yakni Sagori, gadis tersebut meninggal. Semenjak itu warga menyebut onggokan pasir itu dengan nama Pulau Sagori.

Menurut tokoh masyarakat setempat, hampir setiap dua tahun perairan di kawasan pulau ini menelan korban. Entah itu kapal tenggelam karena menabrak karang ataupun korban manusia yang hanyut disapu gulungan ombak. Sehingga diperkirakan banyak kapal yang terkubur di dasar laut perairan Pulau Sagori. Salah satunya adalah kapal layar milik VOC serta kapal lain yang diperkirakan berasal dari China yang pernah ditemukan oleh masyarakat setempat pada tahun 1973. Warga yakin kapal yang ditemukan adalah kapal milik China karena kapal tersebut memiliki simbol-simbol China seperti gambar naga yang terukir dengan jelas. Selain itu ditemukan juga piring antik dan gerabah lainnya.

Meskipun begitu, tak jarang karena keindahan alaminya yang cukup indah, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau ini. Tidak hanya untuk sekedar berjemur di hamparan pasir yang putih, bahkan mereka juga melakukan aktivitas seperti snorkeling maupun diving. Memang belum banyak fasilitas di pulau ini. Namun bila Anda penasaran akan keindahan dan kemisteriusannya Anda dapat mengunjungi pulau ini.

Akses ke Misteri Pulau Sagori

Ada beberapa penerbangan yang menuju ke Kendari yang merupakan ibu kota dari Propinsi Sulawesi Tenggara. Dari pusat kota Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Sikeli. Nah, dari pelabuhan ini Anda bisa menyewa perahu untuk langsung menuju ke Pulau Sagori.

Sumber : utiket.com