Jumat, 23 Mei 2014

Taman Hutan Raya Murhum Kendari Indonesia



Tentang Taman Hutan Raya Murhum

Taman Hutan Raya Murhum (Tahura Murhum) yang terletak di kawasan Pegunungan Nipa-Nipa di Kecamatan Mandonga, Kota Kendari dan Kecamatan Soropia, Kabupaten Kendari, Sulawesi Tenggara ini merupakan salah satu dari 16 kawasan hutan di Sulawesi Tenggara yang dijadikan kawasan konservasi alam. Kawasan Tahura Murhum ini berada di areal seluas 8.146 hektar dan berada di ketinggian 25-500 meter dari permukaan laut. Topografi di Tahura Murhum ini landai, berbukit dan bergunung dengan kemiringan lereng 15-40, mempunyai kontur tanah berupa tanah podzolik yang berwarna merah kuning.

Tahura Murhum ini bertipe ekosistem hutan dataran rendah dan hutan pegunungan rendah dengan berbagai flora dan fauna yang menghuni tempat ini. Untuk flora terdiri dari berbagai jenis semak, perdu dan berbagai jenis pohon seperti kayu besi, eha, bolo-bolo, bolo-bolo putih, kayu puta, pandan tikar, palem, dan berbagai jenis rotan. Berbagai satwa yang menghuni tempat ini seperti: anoa, rusa, kuskus, musang Sulawesi, rangkong, kesturi Sulawesi, elang laut dan berbagai jenis kupu-kupu.

Di dalam hutan wisata yang dikelola oleh Resort KSDA Soropia ini kamu juga bisa menikmati kesejukan air terjun dengan ketinggian +/- 15 meter yang biasa dipakai untuk mandi oleh para pengunjung tempat wisata ini dan melihat bangunan bersejarah berupa bunker dengan meriam di atasnya yang merupakan peninggalan Jepang.

Akses ke Taman Hutan Raya Murhum

Dari Bandara Kendari Wolter Monginsidi kamu juga bisa menuju Kelurahan Kemaraya, Benu-Benua, Tipulu, Sodohoa, Gunung Jati dan Mangga Dua dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Sesampainya di Mangga Dua kamu bisa melanjutkan perjalanan munuju Tahura Murhum dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 3.5 km yang memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Sumber : utiket.com