Jumat, 30 Mei 2014

Pulau Sawi Ketapang Indonesia



Tentang Pulau Sawi

Ketapang merupakan nama salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini mempunyai banyak pulau-pulau kecil yang memiliki potensi wisata menarik. Salah satunya adalah Pulau Sawi. Pulau Sawi terletak di Desa Sungai Tengar, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Pulau ini memiliki luas sekitar 500 hektar dan dihuni oleh beberapa puluh kepala keluarga.

Yang menarik dari Pulau Sawi adalah kehidupan bahari dan pemandangan alamnya yang indah. Pulau ini mulai dijadikan sebagai salah satu obyek wisata oleh pemerintah setempat pada tahun 2009. Pulau ini sering disebut dengan nama Pulau Bidadari karena memiliki air laut yang sebening kristal, menjadikan berbagai biota penghuni di bawah permukaan laut bisa dilihat dengan sangat jelas. Terlebih lagi, pantai di pulau ini merupakan habitat penyu langka dan dilindungi seperti penyu belimbing, penyu hijau dan penyu sisik. Keindahan tersebut dipadu dengan hamparan pasir putih yang membentang dan pemandangan alam di sekeliling yang masih sangat alami menjadikan tempat ini sangat mempesona.

Berada di tepian pantai Pulau Sawi, kita juga bisa melihat berbagai kegiatan nelayan yang merupakan penduduk lokal. Penduduk di pulau ini terkenal dengan keramahannya. Kebanyakan dari penduduk Pulau Sawi merupakan nelayan. Selain ikan, mereka juga mencari mutiara laut yang menjadi salah satu potensi laut pulau ini.

Topografi pantai yang landai membuat pantai di Pulau Sawi aman untuk berenang bahkan untuk menyelam menikmati keindahan biota lautnya pun juga aman dilakukan. Bagi yang hobi memancing, Pulau Sawi bisa menjadi pilihan yang tepat karena potensi ikan yang melimpah di tempat ini. Tersedia penyewaan perahu bagi kita yang ingin melihat keindahan pulau dari berbagai sisi. Kita bisa menyewa perahu tersebut untuk berkeliling pulau. Bagi yang menyukai tantangan, bisa juga lho trekking di pulau ini. Akan sangat seru saat kita bisa menjelajahi pulau dengan berbagai keindahannya ini. Jika ingin menikmati keindahan Pulau Sawi lebih lama, bisa mendirikan kemah di tepi pantainya. Atau bisa juga menyewa homestay yang didirikan oleh pemerintah setempat di pulau ini.

Akses ke Pulau Sawi

Akses utama untuk menuju ke Pulau Sawi adalah melalui Sungai Tengar yang berjarak sekitar 70 km dari kota Ketapang ke arah utara. Perjalanan dari kota Ketapang menuju Sungai Tengar yang berada di Desa Blossom Sari, Kecamatan Kendawangan ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, sewaan ataupun bus umum. Setibanya di Sungai Tengar dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa motorboat menuju Pulau Sawi yang memakan waktu sekitar satu jam.

Sumber : utiket.com