Sabtu, 31 Mei 2014

Tips menghindari virus MERS



Virus MERS atau Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) merupakan salah satu virus yang berbahaya karena hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Meskipun terlihat seperti gejala flu biasa namun virus ini bisa mematikan dan menyerang sistem pernapasan manusia. Saat ini virus MERS sedang melanda kawasan Timur Tengah, bagi traveler yang sedang atau berencana liburan ke sana dalam waktu dekat ini dihimbau untuk lebih berhati-hati agar tidak terserang virus ini. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar terhindar dari virus mematikan ini:

Cuci tangan

Cuci tangan merupakan cara efektif untuk menghindari semua penyakit. Termasuk virus MERS. Pastikan Anda selalu mencuci tangan setiap dari luar rumah, toilet, sebelum maupun sesudah makan. Gunakan sabun anti bakteri dan air bersih yang mengalir untuk cuci tangan.

Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit MERS

Virus MERS adalah virus yang sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya bahkan melalui udara. Untuk itu usahakan menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit MERS. Jika situasi mengharuskan Anda untuk kontak, maka jangan lama-lama karena berada di dalam satu ruangan bersama penderita MERS juga memudahkan Anda terjangkit virus ini.

Jangan sentuh alat indera

Hindari menyentuh alat indera Anda terutama bagian mata, hidung dan mulut karena ketiga alat indera itu adalah jalan termudah dan tercepat dalam penularan virus MERS. Apalagi jika tangan Anda tidak dalam keadaan bersih. Kalaupun Anda terpaksa harus menyentuh indera dan tangan Anda dalam keadaan kotor, gunakan media lain seperti tisu dan sapu tangan yang sudah dipastikan bersih.

Mencari informasi

Gunakan kecanggihan teknologi saat ini untuk mencari informasi tentang virus ini, terutama tentang penularan, pencegahan, masa inkubasi virus dan lain-lain. Semakin Anda banyak tahu, tentu Anda akan semakin berhati-hati terhadap segala kemungkinan terjangkit virus ini.

Gunakan masker

Masker adalah benda penting yang harus Anda gunakan. Sebab masker mempunyai partikel rapat yang bisa menghalangi berbagai macam virus dan bakteri, masuk ke dalam pernapasan melalui udara yang kita hirup. Pastikan Anda rutin mengganti masker yang Anda gunakan, jangan menggunakan satu masker dalam jangka waktu lama karena masker bisa jadi justru menjadi sarang virus. Dan satu hal yang terpenting jika Anda merasakan gejala sakit segera hubungi dokter.

Sumber : utiket.com