Senin, 09 Juni 2014

Air Terjun Cunca Rami Labuan Bajo Indonesia


Tentang Air Terjun Cunca Rami

Memang klop dengan arti namanya yang berasal dari bahasa Flores, cunca yang berarti air terjun dan rami yang berarti hutan. Air Terjun Cunca Rami memang berada di kawasan tengah hutan tropis Flores, Hutan Mbeliling yang terletak di Desa Cunca Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Terdapat tiga air terjun di kawasan tengah Hutan Mbeliling ini, yaitu Air Terjun Cunca Lolos, Cunca Wulang dan Cunca Rami.

Air Terjun Cunca Rami berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl dan mempunyai debit air yang cukup besar. Air terjun ini sendiri mempunyai ketinggian sekitar 30 m. Terdapat kolam alami yang menampung aliran air yang jatuh ke bawah yang dijadikan tempat untuk berenang oleh wisatawan yang berkunjung ke sini. Airnya yang jernih dan bersih serta pemandangan sekitar yang banyak ditumbuhi pepohonan yang hijau menjadikan tempat ini mempunyai pesona tersendiri.

Jika ingin berkunjung ke obyek wisata yang satu ini persiapkan fisikmu karena jalur menuju Air Terjun Cunca Rami berupa trekking di Hutan Mbeliling dengan melalui jalan yang menurun sepanjang 2 km dan memakan waktu antara 45 menit - 1 jam. Sedangkan saat kembali pulang menuju Desa Cunca Lolos dari air terjun ini, jalur trekking yang kamu lalui justru menanjak dengan memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Namun gak usah khawatir, pemandangan sepanjang perjalanan jalur trekking ini cukup indah dan sejuk karena hijaunya pepohonan akan menemanimu.

Akses ke Air Terjun Cunca Rami

Dari Kota Labuan Bajo yang berjarak sekitar 30 km kamu bisa menggunakan mobil sewaan menuju Desa Cunca Lolos dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Tarif sewa mobilnya dihitung per hari dan biayanya tergantung dari negosiasi kamu dengan pemilik mobil. Setelah sampai di Desa Cunca Lolos kamu bisa melanjutkan perjalananmu menuju Air Terjun Cunca Rami melalui jalur trekking.

Sumber : utiket.com