Thursday, June 12, 2014

Pulau Kanawa Labuan Bajo Indonesia



Tentang Pulau Kanawa

Pulau Kanawa merupakan sebuah pulau yang terletak di daerah Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau yang memiliki luas sekitar 35 hektar ini memiliki keindahan alam dan bahari yang sangat mempesona terutama keindahan pantai dan kehidupan bawah laut yang sangat istimewa. Laut yang biru kehijauan, pasir pantai yang putih bersih dan disempurnakan dengan bentang langit luas yang seakan-akan menyambut kedatangan para wisatawan.

Pulau ini juga menawarkan sebuah taman bawah laut yang sangat sayang untuk dilewatkan. Keindahan bawah laut Pulau Kanawa dapat dengan mudah disaksikan sesaat setelah wisatawan sampai di dermaga. Permukaan air yang jernih memudahkan para wisatawan untuk dapat menyaksikan terumbu karang dan berbagai biota laut lainnya. Snorkeling dan diving merupakan sebuah pilihan tepat bagi wisatawan saat mengunjunggi lokasi obyek wisata ini. Di dasar lautnya, para pengunjung akan disuguhi sebuah pemandangan yang memukau dari ikan-ikan kecil yang berwarna-warni, penyu, mola-mola hingga keindahan beraneka ragam terumbu karang yang masih sangat terjaga keasriannya.

Satu lagi keistimewaan dari Pulau Kanawa ini, yaitu pada sore hari air laut Pulau Kanawa akan perlahan-lahan surut, sehingga para wisatawan dapat dengan mudah mengambil beberapa biota laut seperti bintang laut dan kepiting-kepiting kecil yang ada di pesisir pantainya. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh wisatawan, karena wisatawan tidak perlu menyelam atau berenang untuk melihat berbagai macam biota laut. Namun bagi wisatawan yang ingin melakukan bersnorkeling atau diving di lokasi wisata ini, tersedia Diving Center yang menyewakan perlengkapan menyelam bagi wisatawan.

Selain menyewakan peralatan menyelam, Diving Center tersebut juga akan memandu wisatawan untuk menuju lokasi menyelam yang tentunya istimewa. Bagi yang ingin menginap di Pulau Kanawa, terdapat 13 cottage yang dapat disewa. Meskipun cukup sederhana, namun cottage tersebut sangatlah nyaman. Suasana yang tenang, dekat dengan pantai dan ditemani dengan suara-suara alam yang sangat eksotis membuat wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan terasa sangat nyaman sehingga menimbulkan efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran. Harga sewanya mulai dari Rp 300.000,- per malam.

Akses ke Pulau Kanawa

Pulau yang terletak sekitar 15 kilometer atau sekitar 50 menit perjalanan dari Labuan Bajo ini dapat ditempuh dengan menggunakan perahu bermesin atau speed boat. Harga sewa kapal untuk sekali jalan yakni, Rp 250.000,-. Sedangkan untuk speed boat sendiri di harga Rp 60.000,- per orang nya. Ada pula fasilitas shuttle boat gratis dari Labuan Bajo menuju Pulau Kanawa yang disediakan oleh pengelola resort di Pulau Kanawa. Shuttle boat tersebut mempunyai waktu yang ditentukan untuk berangkat dari Labuan Bajo ke Pulau Kanawa pada pukul 12:00 WIT dan pulang dari Pulau Kanawa ke Labuan Bajo pada pukul 08:00 WIT.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment