Sabtu, 07 Juni 2014

Pulau Menipo Kupang Indonesia


Tentang Pulau Menipo


Pulau Menipo adalah salah satu Taman Wisata Alam (TWA) yang ada di Kota Kupang. Taman wisata ini di kelola oleh Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Propinsi Nusa Tenggara Timur. Dibantu oleh warga sekitar, BBKSDA bertugas untuk menjaga kelestarian kawasan Taman Wisata Alam Menipo ini. Menipo sendiri adalah sebuah daratan yang langsung terhubung dengan Pulau Timor, namun jika air pasang datang maka kawasan yang ada di sekitar Menipo akan tergenang dan seakan-akan terlihat seperti pulau yang terpisah dari daratan utamanya. TWA Menipo mempunyai luas wilayah sekitar 2.449,5 hektar dan ditetapkan pada tanggal 28 Desember 1992 oleh Menteri Kehutanan.

Ada beberapa spesies hewan yang hidup di kawasan TWA Menipo, salah satunya rusa timor. Rusa timor adalah salah satu hewan yang dilindungi karena kelangsungan hidupnya terancam punah. Bagaimana tidak, rusa timor merupakan hewan yang menjadi favorit para pemburu, baik itu untuk diambil dagingnya untuk dikonsumsi atau hanya sekedar untuk bersenang-senang saja. BBKSDA NTT dan warga sekitar selalu menjaga rusa timor dari serangan para pemburu liar agar jumlah populasi rusa timor selalu meningkat.

TWA Menipo berlokasi di tepi laut sehingga mempunyai pantai cantik yang bisa kamu nikmati. Pantai ini bukan hanya cantik tapi merupakan salah satu pantai yang menjadi favorit para penyu betina untuk bertelur. Penyu betina memang sangat menyukai pantai berpasir putih yang sepi untuk tempat bertelurnya. Di sini kamu bisa melihat langsung bagaimana para penyu betina bertelur. Untuk melihat penyu bertelur sebaiknya datang di malam hari karena saat bertelur penyu menghindari banyak cahaya. Satu penyu betina dewasa bisa memproduksi 50 hingga 250 butir telur. Telu-telur tersebut akan mereka timbun di pasir hingga nantinya telur-telur akan menetas dan menjadi tukik.

Tukik kecil akan berjuang untuk menggali lubang dan menuju lautan. Sayangnya hanya sedikit tukik yang berhasil hidup hingga dewasa. Oleh karenanya penyu merupakan salah satu spesies yang dilindungi keberadaannya karena selain proses hidupnya yang panjang penyu merupakan hewan yang sering diburu untuk diambil cangkangnya. Untuk itu tidak ada salahnya kan jika kita turut peduli lingkungan dan membantu kelestarian alam. Berwisata di TWA Menipo ini tidak hanya bersenang-senang tapi juga menambah pengetahuan kita tentang alam.

Akses ke Pulau Menipo

Jarak dari Kota Kupang sekitar 119 km melalui jalur Oesao-Oekabiti-Ponain-Tesbatan-Bikoen. Atau jika memilih jalur yang melewati Batuputih jaraknya sekitar 124 Kilometer. Tidak ada transport umum ke Taman ini.

Sumber : utiket.com