Jumat, 13 Juni 2014

Teluk Hijau Banyuwangi Indonesia


Tentang Teluk Hijau

Satu lagi surga tersembunyi yang ada di Banyuwangi. Namanya mungkin belum terlalu populer sepeti Pantai Plengkung, Rajegwesi atau Sukamade. Tapi jangan salah, pantainya mempunyai keindahan tersendiri dengan daya tarik pasir putih nan lembut dan air laut yang jernih dan bersih. Air laut di sini berbeda dengan air laut yang ada di pantai pada umumnya. Air laut di teluk hijau memiliki warna hijau sesuai dengan namanya. Warna hijaunya disebabkan oleh banyaknya ganggang hijau yang hidup di dasar laut.

Teluk Hijau berada di Desa Sarongan, bagian selatan Pesanggrahan Banyuwangi. Wilayah ini masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri. Di Teluk Hijau ini juga terdapat air terjun setinggi delapan meter. Lautnya diapit oleh batu karang di sisi timur dan barat. Teluk hijau mempunyai ombak yang datar dan hampir tenang, jadi sangat cocok untuk bermain air atau berenang. Selesai berenang Anda bisa membilas diri dengan air yang berasal dari air terjun tawar yang ada di sebelah timur pantai. Selain itu kawasan disekitarnya juga sangat cocok untuk mendirikan tenda bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan berkemah / camping.

Akses ke Teluk Hijau

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa untuk menuju tempat ini. Lokasi teluk ini berjarak sekitar 90 kilometer arah selatan dari pusat kota Banyuwangi. Dari Banyuwangi Anda bisa menuju ke lokasi ini dengan mengikuti petunjuk arah yang menuju ke Pesanggrahan-Sarongan-Sukamade.

Rutenya dari Desa Pesanggrahan lanjut ke Desa Sarongan. Nah dari Sarongan perjalanan lalu dilanjutkan menuju ke Rajagwesi. Lokasi Teluk Hijau dari Rajagwesi tidaklah terlalu jauh. Hanya sekitar dua kilometer dan itu pun hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit perjalanan.

Sumber : utiket.com