Minggu, 08 Juni 2014

Wisata Alam Baumata Kupang Indonesia



Tentang Wisata Alam Baumata

Berjarak sekitar 16 km dari Kota Kupang terdapat sebuah desa wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari Kupang sendiri maupun luar daerah. Desa tersebut bernama Baumata. Lokasinya berada di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Baumata menjadi salah satu tujuan obyek wisata di Kupang karena keindahan dan kekayaan alamnya. Terdapat beberapa jenis wisata yang bisa kamu kunjungi di Baumata, diantaranya:
  • Hutan ala: berupa obyek wisata alam (eco tourist) yang merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan daratan sedang dengan berbagai flora: asam, kesambi, jati, johar, bambu dan beringin; dan fauna: kera ekor panjang, biawak timor, kakatua putih kecil jambul kuning, elang, ular sanca timor, parkit kupang, perkici dada kuning dan sri gunting di dalamnya.
  • Goa Jepang: merupakan goa peninggalan tentara Jepang yang digunakan sebagai tempat persembunyian selama Perang Dunia II. Terdapat keindahan stalaktit dan stalakmit di dalamnya.
  • Kolam renang Baumata: kolam renang ini menjadi obyek wisata terfavorit, namun hanya dibuka pada hari Jum'at, Sabtu, Minggu dan hari-hari libur lainnya. Lokasinya hanya berjarak sekitar 250 m dari Goa Jepang. Untuk dapat masuk ke kolam renang ini kamu dikenakan tiket seharga Rp. 5.000/orang untuk dewasa dan Rp. 3.500/orang untuk anak-anak. Terdapat pula penyewaan ban pelampung seharga Rp. 5.000 untuk ban kecil dan Rp. 10.000 untuk ban besar.
  • Kolam alam : kolam yang dihiasi bunga teratai sebaga tempat perlindungan sejumlah habitat air tawar seperti ikan dan udang. Juga sebagai tempat budidaya ikan yang potensial untuk dikonsumsi seperti ikan bandeng, tawes dan ikan mas.
Selain obyek wisata dengan keindahan dan kesejukannya, Baumata juga terkenal dengan sumber mata air alaminya yang besar dan segar. Mata air tersebut digunakan untuk mengaliri air di kolam renang Baumata, sumber air untuk industri air minum dalam kemasan dan PDAM Kupang yang dapat mensuplai kebutuhan Kota Kupang.

Akses ke Wisata Alam Baumata

Dari Kota Kupang kamu bisa menggunakan angkutan umum nomor 15 dan 16 yang melayani rute Kupang-Penfui-Baumata. Atau kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dari Kupang ke Baumata dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sumber : utiket.com