Jumat, 25 Juli 2014

Kepulauan Anambas Natuna Indonesia



Tentang Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas merupakan salah satu bagian dari gugusan pulau dari Provinsi Kepulauan Riau. Kepulauan cantik ini berada di Kabupaten Kepulauan Anambas yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Natuna dan beribukota di Kota Tarempa. Kepulauan ini terletak di Laut Cina Selatan di antara Malaysia Timur, Barat serta Kalimantan sehingga lokasinya cukup strategis karena berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Terdapat sekitar 238 pulau di kepulauan ini dengan potensi wisata serta keanekaragaman hayatinya yang menawan.

Kepulauan Anambas merupakan salah satu tempat wisata yang eksotis, kepulauan ini juga termasuk salah satu kepulauan tropis terindah se-Asia, menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga survei baik dalam maupun luar daerah, kepulauan ini memiliki beberapa obyek wisata pantai yang indah dengan daya tarik air lautnya yang jernih, pemandangan bawah laut yang menawan dipadu dengan pesona pasir putihnya. Kepulauan Anambas merupakan salah satu surga bagi para penyelam. Bahkan para wisatawan asing lebih mengenal kepulauan ini daripada wisatawan lokal sendiri. Beberapa pulau di kepulauan ini juga merupakan tempat favorit bagi para penyu untuk bertelur.

Beberapa obyek wisata yang menarik di tempat ini diantaranya adalah Pulau Selai, Pulau Bawah, Pulau Berhala serta Pantai Padang Melang. Masing-masing tempat wisata tersebut mempunyai keistimewaan sendiri. Seperti di Pulau Selai, terdapat beberapa titik penyelaman yang cocok untuk para pemula yang ingin mencoba olahraga menyelam. Sedangkan di Pulau Bawah terdapat sebuah laguna atau danau air laut kecil yang terletak di lautan dangkal dimana Anda bisa dengan jelas melihat ikan-ikan maupun terumbu karang dari atas permukaan air.

Pantai Padang Melang juga tidak kalah menariknya. Pantai ini merupakan pantai terpanjang yang ada di Kepulauan Anambas dengan bentuk pantainya yang melengkung dan dikelilingi oleh perbukitan. Untuk Pulau Berhala, tenang, jangan Anda pikir bahwa masyarakat yang menghuni pulau ini adalah penyembah berhala. Tidak, bukan itu! Pulau ini sangat indah serta merupakan salah satu lokasi menyelam maupun snorkeling terbaik yang ada di Kepulauan Anambas. Selain itu masih ada beberapa obyek wisata menarik lainnya seperti Pantai Temawan yang cukup unik serta Pulau Mengkait yang merupakan kampung nelayan yang masih cukup alami yang bisa Anda kunjungi.

Akses ke Kepulauan Anambas 

Ada dua pilihan cara untuk menuju Kepulauan Anambas, yakni:
  • Jalur laut: ada dua kapal yang melayani rute ke Kepulauan Anambas, yakni Kapal Pelni yang mempunyai jadwal keberangkatan dua minggu sekali serta Kapal Perintis yang memiliki dua rute sehingga waktu keberangkatannya tidak tetap. Jika menggunakan jalur laut biasanya memakan waktu selama 18-20 jam perjalanan.
  • Jalur udara: Anda dapat memulai keberangkatan dari Tanjung Pinang maupun Batam menuju Bandara Natuna. Dari Bandara Natuna, Anda dapat menuju ke Matak menggunakan kendaraan darat yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu menuju ke Tarempa di Kepulauan Anambas.

Sumber : utiket.com