Kamis, 17 Juli 2014

Pulau Poncang Gadang Medan Indonesia



Tentang Pulau Poncang Gadang

Sibolga, sebuah kota yang berjarak kurang lebih 350 km dari kota Medan ini ternyata menyimpan tempat wisata yang eksotis. Lebih tepatnya wisata Bahari, tempat wisata yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan domestik bahkan wisatawan mancanegara. Obyek wisata tersebut adalah Pulau Poncan atau ada juga yang menyebutnya dengan Pulau Poncang Gadang. Sebuah pulau yang keindahannya tidak kalah dengan keindahan Pantai Bunaken di Manado. Pulau ini memang menjadi salah satu destinasi wisata di kota Sibolga, Sumatera Utara. Pulau Poncan Gadang merupakan sebuah pulau yang terdapat di sisi sebelah Timur kota Sibolga, Sumatera Utara. Harga sewa perahu Boat kecil atau yang disebut dengan istilah kapal Pukat Cincin tersebut relatif terjangkau bahkan bisa dikatakan sangat terjangkau, yakni berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per orang. Kapal ini biasa nya sedang berlabuh di gudang-gudang tangkapan ikan yang ada di Pelabuhan Sambas Sibolga.

Salah satu keistimewaan dari pulau ini adalah air lautnya yang sangat jernih, hal ini disebabkan karena masih sangat terjaganya ekosistem yang ada di sekitar pantai yang tentunya belum tercemar limbah-limbah atau tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, para wisatawan yang memiliki hobby snorkeling atau diving dapat menyelam menyaksikan keindahan alam dasar laut yang dihuni berbagai spesies ikan dan biota laut. Sebut saja, gerombolan ikan Pelagis (jenis Snapper, Fusiliers, Sweetips), ikan Karang (jenis Butterfly, Cardinal, Angel, Damselfish, Anthias, dan lain-lain), ikan Dasar (jenis Gobies, Scorpion, Blennies. Selain jenis ikan-ikan tersebut, di pulau ini juga banyak di temukan jenis Gurita, Udang dan Kepiting.

Untuk dapat menyaksikan keindahan tersebut para pengunjung tidak perlu menyelam dalam-dalam, cukup menyelam antara 5 meter sudah dapat menikmati keindahan biota alam tersebut. Namun, bagi yang memiliki nyali cukup besar, bisa melakukan penyelaman hingga kedalaman 15 meter untuk dapat menyaksikan ikan dan biota laut dasar. Bagi para wisatawan yang membawa putra-putri tercinta tidak perlu khawatir, karena ombak di pulau ini relatif kecil sehingga putra-putri Anda dapat bermain bebas di sepanjang tepi pantai.

Selain dapat berenang, para wisatawan juga dapat melakukan aktivitas menarik lainnya seperti memancing, membuat patung atau membuat istana pasir, berkeliling pulau dengan menggunakan speed boat atau hanya sekedar menghabiskan waktu sambil berjalan-jalan menikmati keindahan panorama pegunungan hingga menyewa jet ski yang tersedia di pulau ini.

Akses ke Pulau Poncang Gadang

Pulau ini berjarak kurang lebih sekitar 4,8 km dari pantai Sibolga atau 364 km arah Timur kota Medan. Untuk dapat sampai ke lokasi, para pengunjung dapat menyeberang menggunakan perahu Boat kecil dengan waktu tempuh hanya sekitar 10-15 menit perjalanan.

Sumber : utiket.com