Rabu, 30 Juli 2014

Pulau Sikuai Padang Indonesia



Tentang Pulau Sikuai

Pulau Sikuai adalah salah satu pulau yang letaknya di sisi barat Pulau Sumatera. Tepatnya di wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Pulau Sikuai merupakan salah satu dari 19 pulau yang terletak di daerah administratif kota Padang. Luas pulau ini sekitar 38,6 kilometer persegi atau kurang lebih sekitar 44,4 hektar. Pulau ini dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata bahari sejak tahun 1994. Di sini para wisatawan dapat menikmati keindahan bahari dari mulai snorkeling, diving, berenang, memancing, trekking atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pantai. Bagi para penikmat keindahan bawah laut, dapat dipastikan akan sangat kagum dengan pulau ini karena di pulau ini para penyelam dapat menyaksikan lukisan alam bawah laut yang sangat memukau.

Lukisan yang bisa dikatakan sangat eksotis ini dapat ditemukan di kedalaman beberapa meter saja. Dari mulai terumbu karang yang berwarna-warni, ikan-ikan yang berenang kesana kemari hingga biota-biota laut yang sangat eksotis. Pulau ini juga menyajikan keindahan alam yang sangat asri dan alami. Selain banyak terdapat pohon-pohon kelapa yang berjejer di bibir pantai, di pulau ini juga terdapat hutan tropis yang masih sangat alami, asri dan tentunya terpelihara. Bahkan hutan Tropis ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan karena di hutan tropis ini juga terdapat sebuah bukit yang dapat dinaiki.

Untuk dapat mencapai puncak ke bukit ini, diperlukan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan. Namun tenang saja, para wisatawan tidak perlu bersusah payah mencari pijakan untuk dapat mendaki sampai ke atas bukit. Hal ini dikarenakan bukit tersebut sudah dilengkapi 369 anak tangga. Tentunya perjalanan para wisatawan untuk dapat sampai ke puncak semakin mudah. Walau begitu, para wisatawan tetap memerlukan tenaga lebih untuk sampai puncak bukit tersebut. Walaupun tenaga para wisatawan akan terkuras, semua itu akan terbayar lunas setelah sampai ke puncaknya karena di atas bukit tersebut para wisatawan akan disuguhi sebuah pemandangan yang luar biasa indahnya. Dari atas bukit ini para wisatawan akan dapat melihat pemandangan laut lepas.

Selain dapat melihat pemandangan laut lepas, di bukit ini para wisatawan juga dapat menyaksikan pemandangan pulau-pulau kecil yang ada di bawahnya. Apabila cuaca sedang cerah dan senja tiba, maka para wisatawan dapat menyaksikan matahari tenggelam dengan warna keemasannya yang luar biasa cantiknya.

Terdapat resort yang menjadi satu-satunya resort di pulau ini yang bernama New Sikuai Island Resort. Tarif menginap di resor ini mulai dari Rp 750.000 per malam. Namun bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahan pulau ini selama satu hari tanpa menginap juga disediakan paket wisata satu hari dengan biaya yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 250.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya perjalanan pulang pergi dari dermaga, makan siang plus kelapa muda yang menyegarkan, namun tidak bisa sampai menikmati matahari tenggelam di Pulau Sikuai ini karena pada pukul 16:00 harus sudah meninggalkan Pulau Sikuai.

Keindahan lautnya, keasrian alamnya dan fasilitas yang sangat mendukung menjadikan Pulau Sikuai sebagai lokasi wisata yang patut dikunjungi saat berada di Ranah Minang. Jadi segera cantumkan Pulau Sikuai ke dalam daftar perjalanan Anda selanjutnya.

Akses ke Pulau Sikuai

Pulau Sikuai dapat dicapai dari Pelabuhan Teluk Bungus, Kota Padang menggunakan speedboat atau kapal sewaan. Dapat juga dicapai melalui Dermaga Wisata Bahari di Jalan Batang Harau, Padang dengan waktu tempuh sekitar 25 menit menggunakan speedboat dan 60 menit menggunakan kapal. Tarif sewa kapal mulai dari Rp. 200.000. Dari sini dapat memilih paket wisata sehari melalui kantor pengelola Pulau Sikuai yang berada di Dermaga Wisata Bahari ini.

Sumber : utiket.com