Selasa, 08 Juli 2014

Tips Mudik Bersama Balita



Mudik lebaran memang menjadi momen yang dinantikan. Merayakan Hari Kemenangan bersama keluarga tercinta pasti bahagia rasanya. Saat seperti itu, sudah terbayang bagaimana padatnya kendaraan serta tempat-tempat umum seperti stasiun kereta api, terminal bus dan bandara udara. Apalagi untuk para bunda yang mempunyai anak balita, persiapannya harus lebih ekstra. Tidak mau kan anak rewel sepanjang perjalanan mudik nanti? Simak tips berikut ini.

Bawa baju ganti lebih banyak

Usahakan balita Anda selalu dalam keadaan nyaman. Anak-anak lebih sering beraktivitas sehingga bajunya akan mudah kotor, baik itu terkena tumpahan makanan atau kotor karena keringat. Jika sekiranya baju sudah kotor dan lembab, usahakan untuk langsung menggantinya agar balita Anda selalu dalam keadaan nyaman. Selain itu selalu sediakan tisu basah.

Bawa makanan dan minuman

Ini juga salah satu hal wajib yang harus dipersiapkan, bekal makanan dan minuman sangat penting untuk dipersiapkan. Kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi jalan. Bisa saja Anda tiba-tiba terjebak macet, nah jika hal ini terjadi pastikan anak Anda tidak kelaparan dan rewel di jalan.

Bawa mainan kesayangan

Mainan kesayangan anak serta bantal dan guling yang nyaman sebaiknya di bawa. Perjalanan mudik mungkin memakan waktu lebih lama dari biasanya, sehingga anak akan bosan. Jika ini terjadi mainan bisa mengatasi rasa bosannya. Jangan lupa juga ajaklah mereka bercerita atau memainkan permainan baru agar perjalanan terasa lebih singkat.

Buat ruangan senyaman mungkin

Jika Anda mudik menggunakan mobil pribadi, dan mobil Anda mempunyai fasilitas melepas kursi, maka bisa dipertimbangkan untuk melepasnya agar ruangan di dalam mobil terasa lebih luas. Bentangkan kasur busa berlapis karpet atau tikar. Sehingga anak bisa lebih bebas bergerak dan bermain.

Pakai Diapers

Diapers adalah alat yang berupa popok sekali pakai dan berdaya serap tinggi. Diapers sangat efektif dipakai saat perjalanan. Sehingga saat balita Anda buang air kecil, tidak akan tercecer di dalam mobil. Namun tidak semua anak betah memakai diapers. Sehingga Anda harus sering menawari anak Anda ke toilet saat berhenti di SPBU ataupun rest area.

Sumber : utiket.com