Jumat, 29 Agustus 2014

Candi Muara Takus Pekanbaru Indonesia



Tentang Candi Muara Takus

Kompleks Candi ini berada di desa Muara Takus, Kecamatan 13, Kabupaten Koto Kampar. Berjarak sekitar 135 km dari kota Pekanbaru, dan sekitar 2,5 km dari pusat desa Muara Takus tidak jauh dari pinggir sungai Kampar Kanan. Kompleks Candi Muara Takus di keliligi tembok berukuran 74 x 74 meter dan di luar area candi terdapat tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 km yang mengelilingi kompleks ini sampai di pinggir Sungai Kampar Kanan.

Untuk dapat menuju ke candi Muara Takus hanya dapat menggunakan jalan darat yaitu melalui kota Pekanbaru, ibu kota provinsi Riau menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dengan jarak tempuh sekitar 128 km. Kompleks candi Muara Takus adalah satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi, di Riau. Sepanjang perjalanan menuju Candi Muara Takus, kamu akan disugguhi pemandangan yang indah.

Di dalam kompleks ini terdapat empat bangunan candi yaitu:
  • Candi Sulung
  • Candi Bungsu
  • Candi Mahligai
  • Candi Palangka
  • Dan enam bangunan lainya, yaitu:

Bangunan pertama: berupa onggokan tanah dengan dua lubang yang di perkirakan sebagai tempat pembakaran mayat.
Bangunan kedua: Bekas bangunan pondasi yang terbuat dari pasir, berbentuk segi empat dan belum di ketahui fungsi dari bangunan tersebut.
Bangunan ketiga: Berbentuk segi empat yang berada di luar pagar keliling, dengan ukuran 3 m x 2,4 m.
Bangunan keempat: Berupa gundukan tanah yang di dalamnya terdapat batu bata.
Bangunan kelima dan keenam: Bangunan ini hanya tinggal pondasi saja
Yang semua bangunan dikeliligi oleh bangunan kuno.

Keistimewaan candi Muara Takus dapat ditemukan mulai dari pertama kali menginjakan kaki di halaman depan candi, sekilas bentuk Candi Muara Takus tampak serupa dengan stupa Budha di Myanmar, stupa di Vietnam, dan stupa di Srilangka atau stupa kuno di India. Di kompleks Candi Muara Takus terdapat jejak sejarah peninggalan Kerajaan Sriwijaya ratusan tahun silam.

Sumber : utiket.com