Kamis, 21 Agustus 2014

Pulau Lampu Pangkal Pinang Indonesia



Tentang Pulau Lampu

Pulau Lampu merupakan sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Pulau ini memiliki luas yang hampir sama dengan Pulau Lengkuas yang ada di Kabupaten Belitung dan sama-sama memiliki mercusuar. Menurut masyarakat sekitar, pulau ini dinamakan Pulau Lampu dikarenakan adanya cahaya lampu yang berasal dari mercusuar yang ada di pulau ini. Namun ada sebagian masyarakat sekitar yang menyebutnya dengan nama Pulau Pelepas. Disebut sebagai Pulau Pelepas karena pulau ini juga berfungsi sebagai persinggahan para nelayan untuk melepas lelah.

Mercusuar yang berada di pulau ini merupakan bangunan peninggalan Belanda. Mercusuar setinggi 50 meter ini dinamakan Mercusuar H.M. Koningin Wilhelmina yang pernah dipugar pada tahun 1893. Berada di puncak mercusuar Pulau Lampu anda dapat melihat pemandangan berupa laut, pulau-pulau di sekitarnya hingga pemandangan Pulau Bangka dari kejauhan.

Berenang di perairan Pulau Lampu yang sangat jernih merupakan aktivitas lain yang dapat anda lakukan. Jika ingin melihat keindahan Pulau Lampu dari berbagai sudut, anda dapat berkeliling mengitari pulau ini menggunakan perahu sewaan. Tidak sampai seharian, anda dapat mengelilingi pulau ini karena pulau ini merupakan pulau kecil. Harga sewa perahu untuk berkeliling pulau ini tergantu dari kesepakatan dengan pemilik perahunya. Tak ada salahnya mengunjungi pulau yang termasuk kategori tak berpenghuni ini karena pulau ini menyuguhkan keeksotisan pemandangan alam yang masih asri dan alami.

Akses ke Pulau Lampu

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa dari Kota Pangkal Pinang menuju Pantai Penyusuk yang memakan waktu sekitar tiga jam dengan melewati Kota Sungailiat dan Kota Belinyu. Setibanya di Pantai Penyusuk, anda dapat menyewa perahu nelayan untuk menuju Pulau Lampu. Jika menggunakan perahu kayu, anda dapat membayar sewa sebesar Rp.15.000 per orang. Namun jika menggunakan speed boat yang berkapasitas sepuluh orang penumpang, anda dikenakan biaya sewa sebesar Rp. 50.000 per orang. Jangan lupa untuk membawa bekal sendiri sebelum menuju Pulau Lampu karena belum terdapat fasilitas wisata di pulau ini.

Sumber : utiket.com