Sabtu, 30 Agustus 2014

Selancar di Sungai Kampar Pekanbaru Indonesia



Tentang Selancar di Sungai Kampar

Seperti yang kita ketahui, aktivitas berselancar biasanya dilakukan di laut. Namun siapa sangka bahwa berselancar ternyata bisa juga dilakukan di sebuah sungai. Yups, nama sungai tersebut adalah Sungai Kampar yang terletak di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Provinsi Riau. Sungai ini sangat unik karena memiliki gelombang yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk berselancar.

Gelombang yang ada di Sungai Kampar disebut Gelombang Bono. Gelombang ini terjadi karena adanya pertemuan antara arus pasang air laut dengan arus pasang air sungai. Peristiwa ini biasanya terjadi saat bulan purnama sekitar bulan Agustus hingga Desember. Awal kemunculan gelombang biasanya akan ditandai dengan suara gemuruh, baru kemudian disusul dengan datangnya gelombang dan ombak yang cukup besar. Tinggi Gelombang Bono dapat mencapai empat hingga enam meter dengan kecepatan sekitar 40 km/jam. Terkadang jumlah gelombang yang dihasilkan Gelombang Bono dapat mencapai tujuh lapis. Bahkan Gelombang Bono dapat menghasilkan sebuah kubah gelombang, seperti gelombang yang ada di laut dan bisa bertahan hingga dua jam lamanya. Oleh karena itu Gelombang Bono disebut juga dengan Gelombang Tujuh Hantu atau Seven Ghosts. Gelombang dan ombak di sungai ini cukup besar, sehingga tidak disarankan untuk para peselancar pemula.

Sungai Kampar hampir selalu ramai oleh para wisatawan baik, wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Kebanyakan mereka ingin menikmati serunya berselancar di tempat ini. Beberapa penginapan sederhana yang bisa disewa oleh para pengunjung tersedia di tempat ini. Selain itu beberapa tempat makan juga akan Anda temui di sini.

Akses ke Selancar di Sungai Kampar

Ada beberapa penerbangan yang menuju ke Riau. Dari pusat kota, Anda bisa langsung menuju ke Pangkalan Kerinci menggunakan transportasi darat dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Perjalanan dilanjutkan menuju ke Teluk Meranti melalui Kecamatan Bunut dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan. Nah dari sini Anda bisa dengan mudah menuju ke Sungai Kampar.

Namun perjalanan bisa juga dilakukan dengan menggunakan transportasi air. Caranya Anda bisa menyewa speed boat dari Pangkalan Kerinci untuk menuju ke Teluk Meranti. Lama perjalanan sekitar dua jam perjalanan. Nah baru dari Teluk Meranti Anda bisa menyewa lagi sebuah speed boat dengan tujuan Tanjung Sebayang, yang berkapasitas sekitar enam hingga delapan orang dengan biaya sekitar Rp 350.000.

Sumber : utiket.com