Senin, 15 September 2014

Air Terjun 12 Tingkat Poso Indonesia



Tentang Air Terjun 12 Tingkat

Air Terjun 12 Tingkat atau yang dikenal dengan nama Air Terjun Saluopa atau Air Luncur Saluopa merupakan air terjun yang terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Lokasinya berjarak sekitar 12 kilometer sebelah barat kota Tentena, ibukota Kecamatan Pamona Utara atau sekitar 54 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Poso.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 25 meter dan airnya mengalir diantara 12 bebatuan kapur yang tersusun bertingkat. Setiap tingkatannya pun tidak licin dan dapat didaki hingga tingkat paling atas. Jangan ragu untuk naik dari satu tingkat ke tingkat lainnya, namun tetap jaga keseimbangan.

Air yang mengalir di Air Terjun Saluopa sangat jernih, saking jernihnya pahatan batu yang dilaluinya terlihat cukup jelas. Air Terjun Saluopa juga merupakan obyek wisata yang cantik untuk diabadikan oleh lensa kamera. Pengunjung yang hobi mengambil foto bisa mengambil gambar dari berbagai macam sudut. Segarnya air dari air terjun ditambah dengan suasana hijau di sekitarnya akan membuat perasaan terasa damai dan nyaman.

Jika mengunjungi Air Terjun Saluopa sempatkan juga untuk jalan-jalan menyusuri hujan tropis yang masih asri sambil menghirup udara yang segar. Walaupun di dalam hutan, jangan khawatir karena sudah ada jalur trekking yang telah disiapkan. Cobalah untuk menyusuri hingga atas, walaupun terasa melelahkan tapi semua akan terbayar dengan pemandangan cantik dari atas. Jika Anda beruntung Anda bisa melihat pelangi yang muncul diantara air terjun. Di sekitar kawasan obyek wisata ini belum tersedia penginapan, namun Anda bisa mendapatkan penginapan di pusat kota Tentena.

Akses ke Air Terjun 12 Tingkat

Anda bisa mengunjungi Air Terjun Saluopa dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa. Dari pusat kota Poso, Anda bisa langsung menuju ke ibukota Kecamatan Pamona Utara yakni kota Tentena. Dari Tentena perjalanan dilanjutkan ke arah barat menuju ke lokasi. Jaraknya sekitar 12 kilometer. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi air terjun.

Sumber : utiket.com