Senin, 22 September 2014

Gua Hukurila Ambon Indonesia



Tentang Gua Hukurila

Hukurila Cave atau Gua Hukurila merupakan gua bawah laut. Tempat wisata ini terletak di Desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan Ambon. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Ambon. Gua bawah laut ini masih berada di kawasan wisata Pantai Hukurila (pantai yang berada di sisi selatan Pulau Ambon). Pantai ini menghadap ke timur, menghadap langsung ke Laut Banda.

Jika Anda pecinta diving tentunya Gua Hukurila adalah tempat yang tidak boleh Anda lewatkan. Pertama kali turun, Anda akan langsung disuguhi oleh terumbu karang yang berwarna-warni. Gua bawah laut ini memiliki beberapa pintu masuk dan sejumlah tumpukan batu yang cukup besar. Salah satu pintu masuk ke gua ini ada yang berbentuk celah sempit dengan lebar sekitar dua hingga tiga meter saja. Pintu masuk yang berbentuk celah sempit ini seakan memberikan kesan sedikit menyeramkan sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi para penyelam. Namun keindahan bawah laut yang menakjubkan dapat Anda lihat setelah berada di gua bawah laut ini.

Anda dapat menyusuri gua bawah laut ini hingga kedalaman 20 meter. Beberapa jenis karang dan gerombolan ikan bisa Anda jumpai di tengah gua. Saat menyelam di gua bawah laut ini jangan khawatir tersesat, karena di gua ini terdapat satu lubang besar dan dua lubang kecil yang berfungsi sebagai jalan keluar dari gua.

Fasilitas

Keindahan Hukurila Cave atau Gua Hukurila tidak dibarengi dengan banyaknya fasilitas untuk pengunjung seperti di Pantai Natsepa dan Pantai Liang. Hanya terdapat beberapa tempat untuk berteduh saja. Di sini disediakan pelatihan singkat diving dengan biaya sekitar Rp 25.000 (tidak termasuk perlengkapan penyelaman).

Akses ke Gua Hukurila

Gua Bawah Laut Hukurila berada di kawasan Pantai Hukurila. Pantai tersebut terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Ambon. Anda dapat menuju tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum dari Terminal Mardika dengan biaya sekitar Rp 5.000. Bisa juga dengan menggunakan kendaraan pribadi rutenya dari pusat kota Ambon melalui Batu Meja dan langsung menuju ke Desa Hukurila (jaraknya sekitar 12 kilometer). Atau bisa juga melalui pusat kota Ambon - Batu Gong - Desa Hukurila (jaraknya sekitar 18 kilometer).

Sumber : utiket.com