Jumat, 26 September 2014

Pantai Cepi Watu Ruteng Indonesia



Tentang Pantai Cepi Watu

Pantai Cepi Watu merupakan salah satu lokasi obyek wisata yang berada di Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai ini berada di Pulau Bunga dan menghadap ke arah Laut Sawu yang menjadi salah satu icon wisata di wilayah Kabupaten Manggarai Timur atau yang sering disebut dengan nama Kabupaten Maritim.

Pantai ini membentang sepanjang tiga kilometer dari barat sampai ke timur dan memiliki hamparan pasir berwarna coklat di sepanjang tepi pantainya. Pemandangan di kawasan Pantai Cepi Watu terlihat masih sangat bersih dan asri dengan air laut yang biru dan jernih. Di tepian pantainya pun banyak terdapat beberapa pohon seperti ketapang, waru dan bakau yang semuanya tumbuh subur dan menambah kesejukan udara di pantai ini. Di bagian barat pantai ini terdapat bebatuan yang mempunyai sumber mata air tawar yang mengalir di antara celah-celahnya. Dari pantai ini pula, Anda bisa melihat pemandangan gunung yang menjulang.

Pada hari Minggu ataupun hari libur lainnya, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati keindahan dan bermain menghabiskan waktu. Ombak di pantai ini cukup tinggi, jadi bila ingin berenang di pantai ini harus berhati-hati. Walaupun kontur pantainya landai, tetapi Anda harus tetap waspada ketika air laut di pantai ini mengalami surut sejauh 300 m karena pada pada beberapa titik di pantai ini terdapat palung laut yang dalam.

Walaupun pantai ini sudah dikelola oleh pemerintah setempat, namun belum banyak fasilitas yang tersedia. Untuk mendapatkan penjual makanan dan minuman, Anda harus berjalan kaki ke arah tepi jalan lintas Pulau Flores yang berjarak sekitar 500 m dari Pantai Cepi Watu.

Akses ke Pantai Cepi Watu

Pantai Cepi Watu hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari kota Borong, ibukota Kabupaten Manggarai Timur. Jika Anda telah berada di kota Borong, maka Anda bisa dengan mudah mencapai pantai ini menggunakan kendaran darat. Namun jika Anda berada di kota Ruteng sebagai titik awal perjalanan, akan tetap mudah untuk mencapai pantai yang berjarak sekitar 50 km ini karena jalan menuju ke lokasi obyek wisata ini cukup bagus dan bisa dicapai dengan berkendara yang memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Biaya Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Cepi Watu, Anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

Sumber : utiket.com