Sabtu, 20 September 2014

Surga Tersembunyi Pulau Tinabo Makassar Indonesia



Tentang Surga Tersembunyi Pulau Tinabo

Pulau Tinabo merupakan salah satu bagian dari wisata Taman Nasional Taka Bonerate. Pulau ini terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Makassar jaraknya sekitar 300 kilometer. Pulau Tinabo merupakan pulau kecil, panjang pulaunya sekitar satu setengah kilometer dengan lebar sekitar 500 meter.

Posisi Pulau Tinabo sendiri sangat stategis, karena dari pulau ini kita bisa melihat pemandangan sunset dan sunrise yang sama-sama indah. Pulau Tinabo mempunyai hamparan pasir pantai berwarna putih yang halus. Air lautnya berwarna biru jernih. Pemandangan bawah lautnya pun sangat menakjubkan. Di Pulau ini banyak terdapat spot diving maupun snorkeling. Tak heran bila pulau ini menjadi salah satu surga bagi pecinta diving.

Uniknya, di pulau ini pengunjung bisa menyelam bersama baby shark, penyu bahkan bersama kima (kerang laut raksasa) yang besarnya bisa mencapai hingga satu meter. Ada lagi satu spot yang bernama sumur ikan. Spot tersebut merupakan lubang bawah laut yang belum diketahui berapa dalamnya. Dari lubang tersebut keluar masuk ikan-ikan cantik.

Fasilitas

Biaya masuk ke Pulau Tinabo sekitar Rp 2.500 per orang. Untuk snorkeling dikenakan biaya sekitar Rp 40.000/spot/jam. Sedangkan untuk diving biaya ijinnya sekitar Rp 50.000/spot/orang (belum termasuk biaya guide). Di pulau ini tersedia penginapan yaitu Tinabo Island Resort dengan biaya sewa kamar sekitar Rp 200.000 per malam (belum termasuk biaya makan).

Akses ke Surga Tersembunyi Pulau Tinabo

Pulau Tinabo memang terbilang jauh dan terpencil. Untuk menuju ke sini, Anda harus menempuh perjalanan berjam-jam baik lewat darat, laut maupun udara. Namun dijamin semuanya akan terbayar saat Anda sampai di pulau ini. Bahkan keindahan Pulau Tinabo akan membuat Anda betah dan malas untuk pulang ke rumah.

Kota terdekat untuk menuju ke pulau ini adalah melalui Makassar. Dari Makassar perjalanan di lanjutkan ke Tanjung Bira menggunakan kendaraan sewa, waktu tempuh perjalanan sekitar 8 jam. Kemudian dari Tanjung Bira Perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal ferry menuju Pelabuhan Pamatata Selayar sekitar 2 jam perjalanan. Dari Pelabuhan Pamatata lanjut lagi perjalanan darat menggunakan mobil sewa menuju Kota Benteng baru kemudian menuju ke Pelabuhan Patumbukan. Nah, dari Pelabuhan Patumbukan ini kita bisa menyeberang ke Pulau Tinabo menggunakan kapal rakyat atau speed boat yang bisa disewa. Waktu tempuhnya sekitar 4 hingga 5 jam (menggunakan kapal rakyat) dan 2 jam (menggunakan speed boat).

Sumber : utiket.com